Usaha Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Membina Karakter Mahasiswa
Indonesia
Keywords:
character building, lecture, PGMIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dosen PGMI dalam menanamkan pendidikan karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik snowball sampling. Temuan penelitian para Dosen fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi telah berupaya untuk menanamkan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan nilai karakter dalam materi perkuliahan, menanamkan nilai karakter dengan melakukan pembiasaan, menggunakan pendekatan menghidupkan nilai karakter, serta menerapkan reward dan funisment bagi para mahasiswa. kendala-kendala yang dihadapi para Dosen dalam melaksanakan pembinaan pendidikan karakter di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN sulthan thaha saipuddin Jambi adalah lemahnya perencanaan dalam mengintegrasikan materi pendidikan karakter, sebagian besar Dosen belum dapat menjadi model untuk menampilkan karakter yang mulia bagi mahasiswa, belum membudayakan karakter yang baik secara kontiniu, serta minimnya fasilitas pendukung dalam proses perkuliahan. Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, para dosen dituntut untuk lebih aktif dalam merencanakan serta mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam muatan bahan ajar, dapat menjadi uswatun hasanah bagi mahasiswa, serta bagi para pejabat dituntut untut melengkapi sarana dan prasarana pendukung dalam rangka mewujudkan karakter mulia.
References
A.R, Z. (2000). Pengantar Studi Akhlak. Raja Grafindo Persada.
Abdullah, M. Y. (2003). Study Akhlak dalm Prespektif Al-Quran. Rineke Cipta.
Alim, M. (2006). Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Remaja Rosdakarya Offset.
Arsal, A. F. (2018). GENETIKA I : Arif Memahami Kehidupan. Badan Penerbit UNM.
Ferdiansyah, F., & Pribadi, A. (2013). Pengaruh Insting Terhadap Evaluasi Keputusan Investasi dan Proyek Teknologi Informasi. Jurnal Teknik Pomits, 2(1). https://pdfs.semanticscholar.org/
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
Kaimuddin, K. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 132–152. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549
Kurniawan, S. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1.
Manu, T. S. N., & Meha, A. M. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Mata Kuliah Profesi Pendidikan Terhadap IQ Dengan Mengendalikan EQ dan SQ Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 245–258. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p245-258
Mulia, H. R. (2019). Pendidikan Krakter Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 15(01), 43. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/341
Munib, A. (2018). HUKUM ISLAM DANMUAMALAH (Asas-asas hukum Islam dalam bidang muamalah). Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.72-80
Nasrullah. (2015). KARAKTERISTIK AJARAN ISLAM: Perspektif Unity and Diversity of Religion. Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 1(1), 1–18.
Nugroho, S. S. (2016). Pengantar Hukum Adat Indonesia, terjemahan Soehardi. In Alumni, Bandung. Pustaka Iltizam.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
Sabar Budi Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. https://media.neliti.com/media/publications/235693-pendidikan-karakter-sebuah-pendekatan-ni-71618df5.pdf
Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(2), 1.
Syafi’i, A. H., & Syaoki, M. (2018). Karakter Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Lukman. Komunike, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.20414/jurkom.v10i2.673
Zulhijrah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 118–136.
Zulkifli, M., & Azmi, M. N. (2018). Manusia, akal dan kebahagiaan. 12(2), 123–143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.