Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Lii Muttaqin

Authors

  • Nelia Guswanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Evi Rayahu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Dwi Nurwulan Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.128

Keywords:

Early Childhood; Socio-Emotional Development

Abstract

The research is conducted as the Early Childhood Students at RA Lil Muttaqin Tapung Kampar have problems in socialization, sharing toys, taking turn in playing, expressing the feelings, and lack ability to communicate with peers. This research purpose was to determine the early childhood students’ socio-emotional development levels at RA Lil Muttaqin Tapung Kampar. The research used qualitative research method. The data analysis was used quantitative to test hypotheses. The research was used observation, interviews and documentation techniques. Social Emotional Development is a mental change that takes place gradually and in a certain time, from the simple ability to more complex abilities. Development is a process of changing or improving something towards a complex and psychological nature. Development and growth are two different things but development is related to growth. The indicators of the social emotional development of early childhood students are self-awareness, managing emotions, utilizing emotions productively, empathy, and building relationships. After testing the validity, reliability and descriptive statistics form the early childhood students’ socio-emotional development at RA Lil Muttaqin Tapung Kampar was in “good” category at 9.3 and 130 respectively. The minimum value was 7 and the maximum value was 10 for all indicators. The early childhood students’ socio-emotional development at RA Lil Muttaqin Tapung Kampar was very good

References

Arikunto Suharsimi, 2014, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Ayudia Rizki, 2017, Perkembangan Aspek Sosial-Emosional Dan Kegiatan Pembelajaran Yang Sesuai Untuk Anak Usia 4-6 Tahun, Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Instistut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Beaty Janice J., 2013, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

ChandraAndy, Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa, Jurnal Psikologi Konseling, Vol. 10 No. 1 Juni 2017

Etika Ajeng Anggun Rosadi, 2017, Empati dengan Perilaku Altruisme Mahasiswa, Jombang STIKes Insan Cendekia Medika.

Fatmawati Ganda Sumekar, 2004, Perilaku Pembinaan Pribadi Dan Sosial Anak Bermasalah PLB, FIP, UNP

Gea Atoskhi, 2002, Relasi dengan diri sendiri, Jakarta Elek Media Komputindo.

Goleman Daniel, 2007, Kecerdasan Emosional, Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hartono, 2019, Metodologi Penelitian, Pekanbaru Zanava Publishing.

Hurlock Elizabeth B., 2013, Perkembangan Anak, Jilid 1 edisi 6, Jakarta Erlangga.

Hurlock Elizabeth B., 1978, Perkembangan Anak, Jilid 1, Jakarta Erlangga.

Kemendiknas, 2010, Peraturan Menteri Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini Yogyakarta Bina Insane Mulia.

Lathifah Umu, 2015, Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak, Purwokerto: FKIP UMP.

Mansur, 2005, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Mashar Riana, 2011, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Moeloeng Lexy J, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Musyarofah, 2016, Pengembangan aspek sosial anak usia dini di TK ABA IV Mangli Jember, Jember.

Nugraha Ali, 2011, Metode Pengembangan Sosial Emosional Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurmalitasari Femmi, Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah, Volume 23, No.2, Desember 2015

Nurjannah, 2017, Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan, Yokyakarta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nurullita Farina, 2013, Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran pada Anak Kelompok A TK Islam Al-Anis, Jiwan, Ngemplak, Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013, Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prawira, 2017, Psikologi Pendidikan dalam Perspaktif Baru, Jogjakarta Ar-Ruzz Media.

Rohmah Noer, 2015, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta, Kalimedia.

Sanjaya, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Kencana.

Shomali, Muhammad Ali, 2002, Mengenal Diri, Jakarta Lentera.

Sihombing Desi Natalia, 2018, Kemampuan meningkatkan Emosi, Jokjakarta Universitas Santa Dharma,

Soedarsono Soemarno, 2000, Penyemaian Jati Diri, Jakarta Elek Media Komputindo,

Soetjiningsih Christiana Hari, 2012, Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Kanak-kanak Akhir, Depok Prenada media Group.

Sugiyono, 2011, Metodologi Kuantitatif Kualitatif R&D, Bandung, Alfabeta,

Susanto Ahmad, 2017, Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori, Jakarta, Bumi Aksara,

Sutopo H.B., 2006, Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Surakarta Universitas.

Suyadi, 2017, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neorosains, Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Syah Muhibbin, 2008, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, PT Remaja Rosda karya.

T. Safaria & N.E Saputra, 2009, Managemen Emosi, Jakarta PT. Bumi Aksara.

Taufik, 2012, Empati: Pendekatan Psikologi Sosial, Jakarta Raja Grafindo

Tirtayani Luh Ayu, 2014, Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Winda Gunarti, dkk, 2010, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta Universitas Terbuka.

Yandianto, 2000, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung, M2S Bandung.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Guswanti, N. ., Rayahu, E. ., & Nurwulan Sari, D. . (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Lii Muttaqin. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-17. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.128