Penerapan Metode Berbicara Tentang Hewan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hikmah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.132Keywords:
Method of Talking, Social Emotional;Abstract
This study aims to determine the application of the method of talking about animals to the socio-emotional development of early childhood in PAUD Nurul Hikmah Tanjung Harapan Village, Kampar Kiri District, Kampar Regency. This type of research is classroom action research (CAR). The results showed that the results of observing children's gross motor activity increased after using clogs as a game to motivate children's gross motor skills in students at Mutiara Kindergarten. This can be seen from the initial data to cycle II meeting 2. Initial data 43.83%, Cycle II meeting 2 obtained an average percentage of 86.36%. So that the overall increase in teacher activity obtained an average percentage of 42.53%
References
Anggani Sudono. 2016. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia
Anita Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Kencan Prenada Media Group
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, ( Jakarta: Rineka Karya
Bambang Sujiono. 2017. Metode Pengembangan Fisik (Edisi Revisi). Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas.2018. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Jumanatul Ali
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Endang Rini Sukanti. (2017). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY
Euis Kurniati. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya Dalam
mengembangkan keterampilan Sosial Anak. Jakarta: prenadamedia Group
Fitri Tadiasputri. 2018. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Bakiak di Kelompok B Tk Aisyiyah 89 Penggilingan Jakarta Timur 2018/2019. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Gimin. 2013. Instrumen dan Pelaporan Hasil dalam Penelitian Tindakan Kelas, Pekanbaru: UNRI Pers
Hamid Bahari. 2013. Permainan-Permainan Perangsang Karakter Positif Anak, Yogyakarta: DIVA Press
Heri Rahyubi. 2012. Teori- Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media
Maria Hidayanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Vol. 7, Edisi 1
Moeslihatoen R. 2014. Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta : Rineka Cipta.
Ni Kadek Ramadani. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Jawa, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.8 Edisi 2
Novan Ardy Wiyani. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz media
Ratu Tuti Alawiah. 2018. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional. Banten, edisi 1 Volume 8
Samsudin. 2018. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup
Sri Mulyani. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara
Toho Cholik Mutohir dan Gusril. 2014. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Depdiknas
Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Yulianti, Rani. 2010. Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta:
Laskar Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ar-Raihanah: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.