Penerapan Metode Berbicara Tentang Hewan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hikmah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar

Authors

  • Inmaryanto Inmaryanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Nikmah Nikmah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Winda Andani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.132

Keywords:

Method of Talking, Social Emotional;

Abstract

This study aims to determine the application of the method of talking about animals to the socio-emotional development of early childhood in PAUD Nurul Hikmah Tanjung Harapan Village, Kampar Kiri District, Kampar Regency. This type of research is classroom action research (CAR). The results showed that the results of observing children's gross motor activity increased after using clogs as a game to motivate children's gross motor skills in students at Mutiara Kindergarten. This can be seen from the initial data to cycle II meeting 2. Initial data 43.83%, Cycle II meeting 2 obtained an average percentage of 86.36%. So that the overall increase in teacher activity obtained an average percentage of 42.53%

References

Anggani Sudono. 2016. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia

Anita Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.

Jakarta: Kencan Prenada Media Group

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, ( Jakarta: Rineka Karya

Bambang Sujiono. 2017. Metode Pengembangan Fisik (Edisi Revisi). Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas.2018. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Jumanatul Ali

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Endang Rini Sukanti. (2017). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY

Euis Kurniati. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya Dalam

mengembangkan keterampilan Sosial Anak. Jakarta: prenadamedia Group

Fitri Tadiasputri. 2018. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Bakiak di Kelompok B Tk Aisyiyah 89 Penggilingan Jakarta Timur 2018/2019. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Gimin. 2013. Instrumen dan Pelaporan Hasil dalam Penelitian Tindakan Kelas, Pekanbaru: UNRI Pers

Hamid Bahari. 2013. Permainan-Permainan Perangsang Karakter Positif Anak, Yogyakarta: DIVA Press

Heri Rahyubi. 2012. Teori- Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media

Maria Hidayanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Vol. 7, Edisi 1

Moeslihatoen R. 2014. Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta : Rineka Cipta.

Ni Kadek Ramadani. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Jawa, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.8 Edisi 2

Novan Ardy Wiyani. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz media

Ratu Tuti Alawiah. 2018. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional. Banten, edisi 1 Volume 8

Samsudin. 2018. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup

Sri Mulyani. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara

Toho Cholik Mutohir dan Gusril. 2014. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Depdiknas

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Yulianti, Rani. 2010. Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta:

Laskar Aksara

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Inmaryanto, I., Nikmah, N., & Andani, W. . (2022). Penerapan Metode Berbicara Tentang Hewan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hikmah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 52-72. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.132