Pengaruh Media Stencil Print Dengan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B TK Tunas Bangsa Jombang

Authors

  • Desy Syafitri Utari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.205

Abstract

Fine motor skills are very important to develop for early childhood. This study aims to determine whether there is an effect of stencil print media with natural materials on the fine motor skills of children in group B TK Tunas Bangsa Jombang. Learning to develop children's fine motor skills needs to pay attention to the learning media used. The reason for using stencil print media with natural materials is because the teachers rarely use natural materials around the school environment to stimulate children's fine motor skills. This study used a quantitative approach with a pre-experimental one group pretest-posttest design, with a sample of 14 children in group B TK Tunas Bangsa Jombang. The data collection tool is a non-test instrument. The results showed that the Asymp (2-tailed) value was 0.001 <0.05 which indicated that there were differences in pretest and posttest scores obtained by children or it could be said that stencil printing activities using natural materials could significantly influence the fine motor skills of group B children in Kindergarten Tunas Bangsa Jombang

References

Andini, Y.T, dan Widayanti, M.D. 2020. "Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bias Yogyakarta". Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(2). 207-216. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1800491&val=19033&title=PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20DARING%20PADA%20MASA%20PANDEMI%20COVID-19%20DI%20TK%20BIAS%20YOGYAKARTA.

Anggraini, P. dan Ningrum, M.A. 2018. “Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun”. Paud Teratai. 7(3), 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/25815.

Afandi, Achmad. 2019. Buku Ajar Pendidikan Dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Amelia, Nurul, dan Khadijah. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Teori Dan Praktek. Jakarta: Kencana.

Amin, M. A. N., dan Irawan, B. P. 2021. "Apakah Buyback Stock Dapat Memberikan Keuntungan Tidak Normal Saat Pandemi?". Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 13(1), 46-59. https://doi.org/10.24905/permana.vl3il.159

Arini, Ira, dan Fajarwati, Ayu. 2020. “Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah PTK PNF 15(2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/17913/9695.

Ariyanto, Bambang, et al. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Malang: Literasi Nusantara.

Augustivo, et al. 2020. “Pengaruh Mencetak Bonggol Jagung Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(1). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/487/432.

Aulina, Choirun Nisak. 2017. Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Darma, Budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Bogor: Guepedia.

Dhiu, Konstanius Dua. 2021. Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Fasha, Anis Kumala. 2021. “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kartini Jatimulyo Lampung Selatan.” Repository UIN Raden Intan lampung: 38. http://repository.radenintan.ac.id/15993/1/SKRIPSI 1-2.pdf.

Fatmawati, Fitri Ayu. 2020. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Hardisman. 2020. Analisis Data Dan Statistik Kesehatan Dengan Program JASP. Bogor: Guepedia.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hutasuhut, Bebyi Riza Sativa et al. 2021. Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Riau: DOTPLUS Publisher.

Istiqomah, Lailatul, dan Khotimah, Nurul. 2017. “Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya.” PAUD Teratai 6(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/20065.

Lailah, I., dan Khotimah, N. 2017. "Pengaruh kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Jurnal Paud Teratai, 6(03), 1-4. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/20065.

Linda, S., dan Duryana, D. 2020. Penaeruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(2), 1399-1407. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/605

Makhmudah, Siti, et al. 2020. Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia

Nurfadhillah, Septy. 2021. Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, Dan Cara Penggunaan, Kedududukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.

Pamela et al. 2017. Motor Learning and Development. Canada: Human Kinetics.

Pakpahan, Andrew Fernando. 2021. Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pebriana, Izka. 2019. “Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Raudhatul Athfal Nurul Muttaqim Tulang Bawang Barat.” Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Rawiyah, Ita. 2021. “Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencetak Di Toddler Rahmah EL Yunusiyyah Padang Panjang.” TILA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1). https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/428/446.

Safi, Nursana M, et al. 2021. “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Mencetak Dengan Media Pelepah Pisang.” Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 3(1). http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2257/2084.

Safira, Ajeng Rizki. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Sari, Rini, et al. 2018. “Analisis Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran Meningkatkan Kreativitas Anak TK Islamiyah Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 7(10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/29309.

Sholehah, Aat Mar’atun. 2020. “Pengaruh Kegiatan Mencetak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di RA Qurrota’Ayun Kedondong Pesawaran.” Repository UIN Raden Intan lampung. http://repository.radenintan.ac.id/10715/1/COVER - BAB I - BAB II - DAPUS.pdf.

Suhariati.2021. "Hubungan Peran Orang Tua Dalam Stimulasi Bermain Dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Masa Pandemi Covid-19". Hospital Majapaht (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto). 13(2), 71-79. http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/HM/article/view/734/744

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumargo, Bagus. 2020. Teknik Sampling. Jakarta Timur: UNJ PRESS.

Suriati. 2019. “Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B TK Nurul Ilmi Kec. Wawonii Tenggara Kab. Konawe Kepulauan.” Repository IAIN Kendari. http://digilib.iainkendari.ac.id/2294/.

Suriati, et al. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak Dengan Pelepah Pisang.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/299/pdf.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyanto, & Gio. 2017. Statistika Nonparametrik Dengan SPSS, Minitab, dan R Dilengkapi Dengan Penyelesaian Perhitungan Secara Manual. USU Press. https://osf.io/preprints/inarxiv/74my8/download

Tameon,S.M. 2018. Peran Bermain Bagi Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26-39.

Trieiyanti et al. 2019. Uji Wilcoxon, Dependen T Tes, dan Independen Tes. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Wisudayanti, Kadek Ari. 2020. “Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Syafitri Utari, D. ., & Khotimah, N. . (2022). Pengaruh Media Stencil Print Dengan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B TK Tunas Bangsa Jombang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 73-87. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.205