Penerapan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Bercerita dengan Gambar Seri di TK N 1 Tanjung Gadang

Authors

  • Rima Yufada Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.208

Abstract

This study aims to find out how lesson planning, implementation of learning and evaluation of learning in the application of listening skills through the storytelling method with picture series media in early childhood at Tanjung Gadang 1 Kindergarten. The reason for the purpose of this research is because the listening skills of early childhood at Tanjung Gadang 1 Kindergarten are good compared to early childhood at other Kindergarten schools in Tanjung Gadang sub-district. The research method used is descriptive research with a qualitative approach, where the research data are in the form of sentences. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation with the research subject being B3 class teachers at Tanjung Gadang 1 Kindergarten and research informants from school principals, teacher boards and early childhood at Tanjung Gadang 1 State Kindergarten. The results of the study show that lesson planning, learning implementation and learning evaluation are important things to prepare and implement properly in the application of listening skills through the storytelling method with picture series media in early childhood.

 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran dalam penerapan keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang. Alasan tujuan penelitian tersebut dikarenakan keterampilan menyimak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang ini bagus di bandingkan dengan anak usia dini di sekolah Taman Kanak-Kanak lain yang berada di kecamatan Tanjung Gadang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data hasil penelitian ini berbentuk kalimat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian guru kelas B3 di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang serta informan penelitian kepala sekolah, majelis guru dan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Tanjung Gadang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran menjadi hal yang penting untuk disiapkan dan dilaksanakan dengan baik dalam penerapan keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada anak usia dini. 

References

Alnggralini, V. (2019). Stimulalsi Keteralmpilaln Menyimalk Terhaldalp Perkembalngaln Alnalk Usial Dini. Jurnall Pendidikaln Islalm Alnalk Usial Dini. 1 (3)

Alulial, B., Budiningsih, Al. (2021). Tingkalt Pemalhalmaln Guru Talmaln Kalnalk-kalnalk di Lombok dallalm Stimulalsi Pengembalngaln Balhalsal Alnalk Usial Dini. Jurnall Obsesi: Jurnall Pendidikaln Alnalk Usial Dini. 2 (5). 2259-2268.

Alzhalr, Al. (2017). Medial pembelaljalraln. Jalkalrtal: Raljal Gralfindo.

Alzzalhroh,.P,. S, Junital, R & Lubis, R. (2021). Alnallisis Perkembalngaln Balhalsal Paldal Alnalk Usial Dini di Wilalyalh Puskesmals Kunciraln Kotal Talngeralng Talhun 2020. Journall women heallth. 4 (1)

Dhieni, N. 2018. Metode Pengembalngaln Balhalsal. Talngeralng Selaltaln: Universitals Terbukal.

Erniwalti & Fitrialni. 2020. Falktor-Falktor Penyebalb Oralng Tual melalkukaln Kekeralsaln Verball Paldal Alnalk Usial Dini. Jurnall Pendidikaln Alnalk Usial Dini. 4 (1)

Fitri,.O,. C,Hudal,. Al, Sihkalbuden. 2016. Peningkaltaln kemalmpualn menyimalk cerital paldal siswal tunalgralhital melallui permalinaln walyalng kalrtun. Jurnall ortopedalgogial. 2 (2).

Gunalwaln, I. (2016). Metodologi penelitialn kuallitaltif. Jalkalrtal. PT Bumi Alksalral.

Kurnial, R. (2019). Balhalsal Alnalk Usial Dini. Yogyalkalrtal: Deep Publish.

Maldyalwalti, L. (2016). Straltegi Pengembalngaln Balhalsal Paldal Alnalk. Jalkalrtal: Kencalnal.

Maldyalwalti, L. (2017). Straltegi Pengembalngaln Balhalsal Paldal Alnalk. Jalkalrtal: Kencalnal.

Salnjalyal, Al. (2016). Peneralpaln Metode Bercerital Dallalm Mengembalngkaln Kemalmpualn Berbalhalsal Daln Kalralkter Pesertal Didik Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Ilmialh Guru. 10 (01)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitialn Pendidikaln Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln R&D. Balndung: Allfalbetal.

Sugiyono. (2017). Metode penelitialn Pendidikaln pendekaltaln kualntitaltif, kuallitaltif, daln R&D. Balndung: allfalbetal.

Suryalnal, D. (2021). Pendidikaln Alnalk Usial Dini Teori daln Pralktik Pembelaljalraln. Jalkalrtal: Kencalnal.

Susalnto, Al. (2017). Pendidikaln Alnalk Usial Dini Konsep Daln Teori. Jalkalrtal: PT Bumi Alksalral. Jalkalrtal: Kencalnal.

Walsis, S. (2022). Pentingnyal Peneralpaln Merdekal Belaljalr paldal Pendidikaln Alnalk Usial Dini (PAlUD). Jurnall pedalgogi. 9 (2)

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Yufada, R., & Yulsyofriend , Y. . (2022). Penerapan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Bercerita dengan Gambar Seri di TK N 1 Tanjung Gadang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 88-96. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.208