Pengaruh Metode Proyek Pembuatan Susu Kedelai Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Padang
DOI:
https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.221Abstract
Pembelajaran sains bermakna sebagai proses belajar yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan anak. Anak bisa mengeksplorasi secara langsung apa yang mereka temukan. Salah satu pelaksanaan belajar untuk peningkatan keterampilan proses sains anak adalah memakai pembelajaran sains menggunakan metode proyek susu kedelai di pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh metode proyek pembuatan susu kedelai terhadap keterampilan proses anak. Populasi adalah seluruh siswa di TK Kartika 1-63 Kota Padang tahun ajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini adalah B1 18 (eksperimen) dan B2 (kontrol). Data yang dikumpulkan adalah keterampilan proses sains anak selama melakukan percobaan. Hasil yang didapat adalah terdapat pengaruh berarti penggunaan metode proyek terhadap keterampilan proses anak di TK Kartika Padang
References
Abruscato, J. (1982). Teaching Children Science. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.,Englewood Cliffs.
Ahmad Jasmin. (2011). Teaching Of Biological Sciences (Intended for Teaching of Life Sciences, Physics, Chemistry and General Science). India: PHI Learning.
Beckly, P. (2018). Belajar pada Anak Usia Dini. (Djohan Diaz Tjahjadi, Terjemahan). Jakarta: Penerbit Indeks Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Essa, E (2011). Introduction to Early Childhood Education, Annotated Students Edition, Sixth Edition. Canada: Cengage Learning.
Falhatunnisa, I., & Santika, T. (2020). Persepsi keluarga pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pembentukan karakter. JoCE (Journal of Community Education), 1(1), 1-6.
Hafizah, Y., Hartati, S., & Saridewi, P. P. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Active Learning Terhadap Perkembangan Sains Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 238-254.
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49-57.
Indah, A. (2022). Pengaruh Metode Proyek Pada Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Di Tk Negeri 2 Bandar Lampung (Doctosral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Jackman, H. L. (2012). Early education curiculum: a child’s connection to the world, international edition. China: Wadsworth Cengage Learning.
Katz, L. G., & Chard, S. C. (2000). Engaging children’s minds: The project approach. Greenwood Publishing Group.
Katz & Chard. (1989). Engaging Children’s Mind: The Project Approach. New Jersey: Ablex.
Kogan, Y., Katz, L. G., Chard, S. C. (2014). Engaging Children’s Minds: The Project Approach, 3rd Edition: The Project Approach. Amerika Serikat: ABC-CLIO.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok a. Mimbar Ilmu, 24(2), 212-220.
Nughraha, A. (2008) Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Oktari, R., Ayuni, D., & Putri, R. F. (2022). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Journal on Teacher Education, 4(1), 458-468.
Rao, B., & Kumari. (2008). Science Process Skills of School Students. India: Discovery Publishing House Pvt. Limited
Risnawati, A. (2021). Penerapan Metode Proyek Dalam Pengembangan Kemampuan Sains Anak Di Tk Aisyiyah Yosomulyo. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 3, 113-115.
Samatowa, U. (2018). Metodologi Pembelajaran Sains untuk pendidikan anak usia dini. Tangerang: Tira Smart.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, E. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di RA Al-Amanah Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wingsi, M. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1228-1236.
Wyatt, N., & Jackman. (2018). Early Education Curriculum, A Childs Connection to the World, Seventh Edition. Canada: Cengage Learning.
Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.