Optimalisasi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Authors

  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Fatimah Nayla Zaskia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sindi Pratiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Suci Nadillah Selian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Anak Perkembangan; Perkembangan sosial anak

Abstract

Perkembangan sosial bagi anak usia dini angatlah penting, karena dengan berkembangnya sosial pada anak usia dini anak sangat  berpengaruh ketika anak bersosialisasi di lingkungan rumah maupun sekolah. Untuk melatih perkembangan sosial pertama kalinya pada anak usia dini yaitu dengan kedua orang tuannya, untuk melatih perkembangan sosial orang tua bisa melihat anaknya berinteraksi kepada kerabat, berinteraksi dengan anak tetangga yang berada disekitar rumah. Dengan melatih perkembangan sosial dilingkungan rumah akan sangat berpengaruh ketika berada disekolah. Ketika berada disekolah juga seorang guru tetap harus memantau anak tersebut dengan melihat prilaku anak tersebut apakah sudah sesuai dengan tuntutan sosial. Dalam proses perkembangan sosial anak akan memperoleh pengetahuan, sikap, nilai dan prilaku esensial untuk keikutsertaan partisipasi masyarakat

References

Abo, M. A., & Affililfil, H. S. (2014). Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila Dilnil. Papelr Knowleldgel . Toward a Meldila Hilstory of Documelnts, 5–20. http://elprilnts.ums.ac.ild/69157/3/BAB IlIl.pdf

Khulusilnnilyah, & Farhatiln Masruroh. (2019). Optilmalilsasil Pelngellolaan Pelrkelmbangan Sosilal Elmosil Anak Usila Dilnil. Eldupeldila, 4(1), 59–66. https://doil.org/10.35316/eldupeldila.v4il1.526

Mellilnda, A. El., & Ilzzatil, Il. (2021). Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila Dilnil Mellaluil Telman Selbaya. Jurnal Pelndildilkan Anak Usila Dilnil Undilksha, 9(1), 127. https://doil.org/10.23887/paud.v9il1.34533

Mukhtar, N. A., Ilslam Anak Usila Dilnil, P., Tarbilyah dan Kelguruan, F., & Sultan Syarilf Kasiln Rilau, U. (2020). Optilmalilsasil Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila 5-6 Tahun Dalam Pelmbellajaran Arela Selnil Mellaluil Meltodel Belrmailn Pelran. KIlNDElRGARTElN: Journal of Ilslamilc Elarly Chilldhood Elducatilon, 3(2), 115–127. https://eljournal.uiln-suska.ac.ild/ilndelx.php/KIlNDElRGARTElN/artilclel/vilelw/10916

Oktavilana, N. El., Ellan, & Mulyana, El. H. (2021). Dasar Kelbutuhan Pelngelmbangan Buku Panduan Belrmailn Pelran untuk Melngoptilmalkan Pelrkelmbangan Sosilal Elmosilonal Anak Usila Dilnil. Jurnal Paud Agapeldila, 5(1), 50–61. https://eljournal.upil.eldu/ilndelx.php/agapeldila/artilclel/vilelw/39687

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 1–6. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Ii, B. A. B. (2007). Upaya Meningkatkan Perkembangan..., Lulu Marhalati, Hidayat, FKIP, UMP, 2013.

Kartika. (2006). Bagaimana Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosi Anak Prasekolah ? Oleh Kartika Nur Fathiyah Dosen PPB FIP UNY. 2005.

Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526

Mahrunnisa, F. (n.d.). Optimalisasi Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini pada Era New Normal.

Safitri, U., Aunurrahman, & Miranda, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di Tk Lkia Ii Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK, 8(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35775

Downloads

Published

2023-06-03