Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Authors

  • Popi Anjani Putri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.260

Keywords:

Teacher's Role, Speaking Skills, Early Childhood

Abstract

Speaking was a skill to give expretion, statetement, and convey thoughts, ideas, and feels by pronouncing articulation sounds or words. Speaking skills need to be trained from and early age, because speaking skills are very important for children so that they are easy to speak regularly and skillfully in the future, because speaking is one of the main communication tools. This research purpose to shown the planning, implementation, and evaluation of the teacher's role in developing children's speaking skills at Kindergarten Pembina 01 Air Haji, Linggo Sari Baganti District, Pesisir Selatan District. In the research used a method of qualitative with a approach in descriptive. This research uses techniques for data collection in shape of of observation, interviews, and documentation. The technique for data analysis was conducted by data collected, data reduced, data presented and make conclusions. According on the research result that has been conducted, it is said that the lesson plan in developing children's speaking skills is planned from the teacher in accordance with the RPPH and also the teacher uses the question and answer method, storytelling method, singing in developing children's speaking skills. The media used by the teacher is picture media, hand puppet media with fun learning strategies for children. And also the evaluation was conducted by the teacher to look development aspect in children regarding the level of children's speaking skills development.

References

Andriani. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran di Taman Kanak-kanak Mawaddah Padang Kunyik Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No.2 (2018)

Anggraini, Yulsyofriend & Yeni. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 2 Agustus 2019

Emi, Wijayanti. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Suryodingratan Mantrijeron Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Endang, Halida & Ernawati. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kecamatan Kendawangan. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak 2013

Febiola & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020

Fitriani. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD

Hani, Alya Amarul. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Jurnal CARE 7 (1) Juli

Izzati, Fadilah. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. Skripsi. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran Jakarta

Jatmiko, Hadiati & Oktavia. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol.3 No.1 (2020) 83-97

Karim, Juniari & Arifin. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, Vol. 10 No. 2, Juli-Desember 2022

Lailatul & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020

Lismawati. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita dengan Alat Peraga Boneka Tangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Jumnih Kota Palopo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palopo

Munasih & Nurjaman. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6, No. 1, Juli 2017

Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA “PRISMA SAINS” Vol. 2. No.2

Putri, Ayu Annisa. (2017). Peningkatan Berbicara Anak Tuna Rungu Kelas TK A melalui Metode Bermain Peran di TK Inklusi Little Tree Yogyakarta. Jurnal Ortodidaktika Vol 6 No 8 Tahun 2017

Pratiwi & Ustman. (2022). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Abata Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 Tahun 2022 Rahmawati, D., M, A.,& Sutarmanto. (2015). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK LKIA II.Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 11, No. 1, Juni 2022.

Safira. (2021). Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol.6, No.1, (2021) Februari

Saputri, Windriantari. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A di TK Bener Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Suryana, Dadan. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni. (2021). Penerapan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini Kelompok B di PAUD Al- Munawarah Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Yulsyofriend, dkk. (2013). Model Reggio Emelia pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Jurnal Pedagogi.13(1),52-57

Zubaidah, Enny. (2017). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pendidikan Dasar dan

Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Anjani Putri, P. ., & Yulsyofriend, Y. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Pembina 01 Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 102-112. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.260