Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Pasar Terubuk Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.53398/ja.v3i2.571Keywords:
Strategy, Marketing, Sales, Market, SWOT, EFAS, IFAS;Abstract
A marketing strategy is a comprehensive, integrated and integrated plan in the field of marketing that provides guidance on the activities that will be carried out to achieve goals. The aim of this research is to find out marketing strategies to increase sales at Terubuk Bengkalis Market. This type of research is qualitative. The method used in this research is the SWOT approach method. Based on the final results obtained in IFAS and EFAS, the strength factor is 2.73, the Weakness Factor is 3.41, the Opportunity Factor is 3.48, and the Threat factor is 3.41
References
Ali, Hasan, M.2003. Berbagai Macam Trransaksi Dalam Islam : PT. Raja Grafindo. Jakarta
Fadilla Ulfah, dkk.2021. Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi)”, Jurnal ISSN. Vol. 5.No.1.
Faidatur Robiah. 2017. Marketing Hebat Ala Rasulullah saw : Penerbit PT. Tiga Serangkai.Solo
Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
Freddy Rangkuty.2004. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.
Hamdi Agustin.2017. Studi Kelayakan Bisnis Syariah : Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.Depok
Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula.2003. Syariah Marketing Yogyakarta: Magistra Insani Press.
Herry Susanto dan Khaerul Umam.2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Cet. 1 : CV Pustaka Setia. Bandung
Juliansyah Noor.2011. Metodelogi Penelitian Jurnal, Skripsi, Desertasi, Dan Karya Ilmiah : Prenadamedia. Jakarta
Malik, Abu Kamal Bin As-Sayyid Salim. Shahih Fiqih Sunnah : Pustaka Azzam,tth), Jilid 4.Jakarta
Marissa Grace Haque-Fawzi, et.al. 2021. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi : Pascal Books. Banten
Masyhuri.2005. System Perdagangan Dalam Islam : Pusat Penelitian Ekonomi- LIPI.Jakarta
M. Nafarin.2009. Penganggaran Perusahaan : Salemba Empat. Jakarta
Muhadjir, Noeng.1996. Metodologi Penelitian Kualitatif : Penerbit Rakesarasin. Yogyakarta
Rangkuti, Freddy.2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Sofyan Assauri.2007. Manajemen Pemasaran : Penerbit Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta
, (2010), Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Penerbit Alfabeta. Bandung
Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen : Indeks. Jakarta Syakir, Muhammad Sula.2007. Amanah bagi Bangsa: Konsep dan Sistem
Ekonomi Syariah : Masyarakat Ekobnomi Syariah. Jakarta
Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2012. “Manajemen Pemasaran” : Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Depok
Tonni Kusuma, Dkk.2013. “Strategi Pemasaran Sapi Potong di CV Septia Anugerah Jakarta”. Junal Manajemen. Vol. 8. No.1. Jakarta
Umar Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis : Pt Raja Grafindo Persada. Jakarta
Veithzal Rivai.2012. Islamic Marketing: Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rosulullah SAW : Gramedia. Jakarta
Veithzal Rivai., Amirul Nuruddin dkk. 2012. Islamic Business and Economic Ethics : PT Bumi Aksara. Jakarta
Anik Sudarismiati, Dkk.2006. “Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Bakso Pak Mul Desa Trebungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 14. No. 1.
Dewi Diniaty, Ismu Kusumanto, Dkk. 2019 “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group”. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 6. No. 1.
Dita Liani. 2019“Analisis Tows Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV Permadi Karya Mandiri Blitar”, Jurnal Manajemen. Vol. 4. No. 2.
Elen Enjelina Tampanguma Frendy A. O Pelleng Dantje Keles. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Biapong Rumah Kopi Megataru Kapitu”. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No. 5.
Farida Efriyanti, Dea Anggi Pratiwi. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Jangkrik Pada Perusahaan Maja Farm di Pesawaran”, Jurnal Manajemen.Vol. 2. No. 4.
Ferari, Renaldo.2019. “Elemen Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Daging Ikan Gabus Giling Pada Toko Sejiwa”. Jurnal Bisnis. Vol. 1. No. 1.
Fina Selfiana. 2021.“Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkm Krulila Desa Gunung Jaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang”, Jurnal Ekonomi. Vol 3. No. 5.
Lisa Sulistiawati, Dkk. 2022. “Strategi Pemasaran Melalui Word Of Mouth (WOM) terhadap Penjualan Daging Sapi Usaha Dagang Pak Kasman Desa Kotapulu Kecamatan Dolo”. Jurnal Kolaboratif Sains. Vol. 5. No. 7.
Ma’ruf Fahrudin. 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kopi Ndusun Melalui Pemberdayaan Dana Zakat Produktif Pada Program Bunda Mandiri Sejahtera (Studi Kasus Di Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo)”, Jurnal Manajemen. Vol. 1. No. 1.
Maryantina, Delfi Yanti, 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Produk Olahan Ikan Patin di Kampung Patin , Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar”, Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora. Vol. 2. No.12.
Mila Safitri, Lamsah Husnurrofiq. 2019. “Analisis Proses Produksi Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada Amplang Saija’an Dua Kota baru”, Jurnal Ekonomi. Vol. 1. No. 3.
Muhammad Rizky Sakbana, Dkk.2021, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Franchice Rocket Chicken Guntung Manggis Banjar baru”, Jurnal Ekonomi. Vol.4. No.3.
Mutia Arafah, Erni Alfisah, Abdul Kadir. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin”. Jurnal Manajemen. Vol. 1. No. 1.
Mutia Putri Ramadhanty, Dkk. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Daging Sapi Acong Meats Pasar Bogor”. Jurnal Ekonomi¸Vol 01, No. 03.
Reyza Sherina Putri Kastanya, Dkk. 2022.“Analisis Strategi Pemasaran untuk Peningkatan Volume Penjualan Produk Kuliner Khas Korea Selatan (Studi Kasus pada Holdak Sorong)”. Jurnal Innovative Education. Vol. 4. No. 3.
Rika Paujiah, Ahmad Mulyadi Kosim, Syarifah Gustiawan. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian, Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 2, No. 1.
Rosyida Tahalli. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Pendekatan Analisis Swot”, Jurnal Bisnis. Vol.1. No.1.
Saenawati Oetama, M, Mufklikh Saefudin. 2021, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Usaha jasa pada Penggilingan Daging “Pentol” Mas Dul di Sampit”. Jurnal Pengabdian dan Masyarakat. Vol. 1. No. 1.
Sulaiman, Ririn Dwi Lestari. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Bakso Podomoro (Studi Kasus Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Oki Sumsel)”. Jurnal Poltekanika. Vol. 6. No.1.
Wahidatul Fajriya, Lilis. 2018. “strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tahubaxo ibu pudji ungaran dalam perspektif ekonomi Islam”. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo Semarang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.