Pengaruh Aktivitas Senam Otak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang

Authors

  • Selly Seftiana Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Serli Marlina Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.189

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak anak yang belum berkembang kecerdasan kinestetik yang mana belum seimbangnya antara apa yang dipikiran dengan perbuatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh aktivitas senam otak terhadap kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Kecerdasan kinestetik yang akan diteliti meliputi bagaimana anak dapat mengsinkronisasi anatara isi pikiran dengan perbuatan atau Tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang, sedangkan sampel penelitian ini adalah B3 sebagai kelas eksperimen dan kelas B4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pernyataan sebanyak 7 item pertanyaan dan teknik analis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan komputerisasi SPSS 20. Berdasarkan hasil dari penelitian terlihat hasil dari uji pengaruh (effect size) aktivitas senam otak terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang diperoleh hasil sebesar 1,49. Yang mana berdasarkan kategori dari uji effect size hasil tersebut termasuk pada kategori kuat.

References

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel Didalam Kelas. INDEKS.

Dennison, E Paul. (2009). brain gym (senam otak) edisi bahasa indonesia (Ruslan & Rahayu M, Ed.; 10th ed.). grasindo.

Eka Setianingsih, 091610295, Mawardi, mr, & Diana, mrs. (2016). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Senam Otak Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak.

Kadek, N., Yulia, H., Agung, A. A. G., Putra, I. M., Paud, J. P., Tp, J., & Pgsd, J. (2013). Penerapan Model Explicit Instruction Melalui Kegiatan Bermain Warna Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus.

Mayar, F., & Putri, Y. D. (2021). Kegiatan Senam Otak (Brain Gym) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah III Alang Sungkai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9560–9563. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2526

Michelaki, E., & Bournelli, P. (2016). The Development of Bodily - Kinesthetic Intelligence through Creative Dance for Preschool Students. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/JESR.2016.V6N3P23

Panzilion, P., Padila, P., Setyawati, A. D., J, H., & Sartika, A. (2020). Stimulation of Preschool Motor Development Through Brain Gym and Puzzle. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.31539/JOSING.V1I1.1166

Renza, N., Hasibuan, F., Fauzi, T., & Novianti, R. (n.d.). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 9, Issue 2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. PT Alfabeta.

Sukri, A., dan, E. P.-J. J. E. M., & 2016, undefined. (n.d.). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym. E-Journal.Unipma.Ac.Id, 1(1). Retrieved December 29, 2022.

Sulistiadi, A., Mirayani, R., & Imelda, D. (2020). Children’s Songs and Brain Gyms Accompanied by Karawitan Music to Increase the Effectiveness of Early Childhood Learning. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(2). www.ijisrt.com

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Rosda Karya.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Seftiana, S. ., & Marlina, S. (2023). Pengaruh Aktivitas Senam Otak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 15-26. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.189