Efektivitas Penggunaan Aplikasi Prezi Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kartika 1-7 Padang

Authors

  • Iftitahurrahmi Warrizqi Universitas Negeri Padang
  • Serli Marlina

DOI:

https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.204

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita anak di sekolah tersebut. Penelitian ini punya tujuan guna mengetahui bagaimana efektivitas efektivitas penggunaan aplikasi prezi terhadap kemampuan bercerita anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kartika 1-7Padang. Jenis penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif sementara metodenya quasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yakni kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrol kelas B5 sebanyak 13 anak. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrument penelitian berupa indikator-indikator yang akan dicapai sebanyak 9 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Didasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test serta post-test kelompok eksperimen ialah 20,15 serta 27,38. Sementara pada kelompok kontrol, rata-rata hasil pre-test serta post-test adalah 20,62 dan 25,00. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2- tailed) 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media aplikasi prezi terbukti lebih efektif terhadap  kemampuan bercerita anak.

References

Alfin, J., Rosyidi, Z., & Abdillah, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Umur 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Media Televisi Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 271-280.

Annisa, A,.Marlina, S.,& Zulminiati, Z.(2019) . Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak SmartPhone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Naggalo Kota Padang. Jurnal ilmiah Potensia, 4(1) 59- 66.https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aulia, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia, 1(2), 131-144.

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108– 114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Hurlock, Elizabeth, B, 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. (2015). Undang-undang nomor 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud

Lauroza, Suchi Putri. 2019. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di TK Islam Daud Kholifahtulloh Tabing Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol 6 (1). https://media.neliti.com/media/publications/523310-none-c01eeb13.pdf

Nasution, E. Y., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205-221.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7.

Pebriana, Putri Hana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 1 Issue 1), 1—11 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/26

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wondal, Rosita. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berceita Anak Melalui Metode Karya Wisata. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Warrizqi, I., & Marlina, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Prezi Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kartika 1-7 Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 64-72. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.204