Optimalisasi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.231Keywords:
Anak Perkembangan; Perkembangan sosial anakAbstract
Perkembangan sosial bagi anak usia dini angatlah penting, karena dengan berkembangnya sosial pada anak usia dini anak sangat berpengaruh ketika anak bersosialisasi di lingkungan rumah maupun sekolah. Untuk melatih perkembangan sosial pertama kalinya pada anak usia dini yaitu dengan kedua orang tuannya, untuk melatih perkembangan sosial orang tua bisa melihat anaknya berinteraksi kepada kerabat, berinteraksi dengan anak tetangga yang berada disekitar rumah. Dengan melatih perkembangan sosial dilingkungan rumah akan sangat berpengaruh ketika berada disekolah. Ketika berada disekolah juga seorang guru tetap harus memantau anak tersebut dengan melihat prilaku anak tersebut apakah sudah sesuai dengan tuntutan sosial. Dalam proses perkembangan sosial anak akan memperoleh pengetahuan, sikap, nilai dan prilaku esensial untuk keikutsertaan partisipasi masyarakat
References
Abo, M. A., & Affililfil, H. S. (2014). Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila Dilnil. Papelr Knowleldgel . Toward a Meldila Hilstory of Documelnts, 5–20. http://elprilnts.ums.ac.ild/69157/3/BAB IlIl.pdf
Khulusilnnilyah, & Farhatiln Masruroh. (2019). Optilmalilsasil Pelngellolaan Pelrkelmbangan Sosilal Elmosil Anak Usila Dilnil. Eldupeldila, 4(1), 59–66. https://doil.org/10.35316/eldupeldila.v4il1.526
Mellilnda, A. El., & Ilzzatil, Il. (2021). Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila Dilnil Mellaluil Telman Selbaya. Jurnal Pelndildilkan Anak Usila Dilnil Undilksha, 9(1), 127. https://doil.org/10.23887/paud.v9il1.34533
Mukhtar, N. A., Ilslam Anak Usila Dilnil, P., Tarbilyah dan Kelguruan, F., & Sultan Syarilf Kasiln Rilau, U. (2020). Optilmalilsasil Pelrkelmbangan Sosilal Anak Usila 5-6 Tahun Dalam Pelmbellajaran Arela Selnil Mellaluil Meltodel Belrmailn Pelran. KIlNDElRGARTElN: Journal of Ilslamilc Elarly Chilldhood Elducatilon, 3(2), 115–127. https://eljournal.uiln-suska.ac.ild/ilndelx.php/KIlNDElRGARTElN/artilclel/vilelw/10916
Oktavilana, N. El., Ellan, & Mulyana, El. H. (2021). Dasar Kelbutuhan Pelngelmbangan Buku Panduan Belrmailn Pelran untuk Melngoptilmalkan Pelrkelmbangan Sosilal Elmosilonal Anak Usila Dilnil. Jurnal Paud Agapeldila, 5(1), 50–61. https://eljournal.upil.eldu/ilndelx.php/agapeldila/artilclel/vilelw/39687
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 1–6. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Ii, B. A. B. (2007). Upaya Meningkatkan Perkembangan..., Lulu Marhalati, Hidayat, FKIP, UMP, 2013.
Kartika. (2006). Bagaimana Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosi Anak Prasekolah ? Oleh Kartika Nur Fathiyah Dosen PPB FIP UNY. 2005.
Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526
Mahrunnisa, F. (n.d.). Optimalisasi Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini pada Era New Normal.
Safitri, U., Aunurrahman, & Miranda, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di Tk Lkia Ii Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK, 8(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35775
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.