Pengaruh Film Animasi Riko The Series Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang

Authors

  • Wirda Wirda Universitas Negeri Padang
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.247

Abstract

Keywords:

Riko The Series Animated Film, Storytelling Skills 

 

 

 

Kata kunci:

Film Animasi Riko The Series, Kemampuan Bercerita 

 

 

This kind of study employs a quasi-experiment as a quantitative strategy. All 71 Padang II State Kindergarten kids participated in the study. They were placed into 5 study groups, which included pupils from classes B1, B2, B3, B4, and B5. Cluster sampling is the sample approach utilized, with classes B3 (the experimental class) and B1 (the control class), each with 13 participants. In this study, the methods for gathering data were observation and tests with five question items.The data analysis technique employs a normality test to determine whether the research data are normally distributed, a homogeneity test to see whether the data are homogeneous, and a hypothesis test to identify a significant effect. It uses SPSS 15 and a significance criterion of 5% (0.05). The findings demonstrated that children's storytelling abilities utilizing the animated film riko the series media had a substantial impact when compared to the control class by telling tales using serial photographs in Padang State Kindergarten II. The experimental class scored 156 on the pre-test and 210 on the post-test, whereas the control class scored 158 on the pre-test and 195 on the post-test. 

 

Abstrak

Jenis penelitian ini berbentuk eksperimen quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TK Negeri Padang II yang berjumlah 71 orang siwa. terdiri dalam 5 kelompok belajar, yang meliputi siswa dari kelas B1, B2, B3, B4, dan B5. Cluster sampling adalah pendekatan sampel yang digunakan, dengan kelas B3 (kelas eksperimen) dan B1 (kelas kontrol), masing-masing dengan 13 peserta. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data adalah observasi dan tes dengan lima item pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas untuk menentukan apakah data penelitian berdistribusi normal,uji homogenitas untuk menguji apakah data homogen, dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh yang siginifikan dengan bantuan SPSS 15 dengan taraf siginifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak dengan menggunakan media film animasi Riko the series memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan bercerita menggunakan gambar berseri terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Dengan skor pre-test Kelas eksperimen 156 dan 210 pada post-test, sedangkan kelas kontrol mendapat skor 158 pada pre-test dan 195 pada post-test. Memiliki skor sig (2-tailed) antara 0,005 dan 0,05.

 

References

Anggraini, V. Y. I. (2019). STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU KREASI MINANGKABAU PADA ANAK USIA DINI Vivi Anggraini 1 ,Yulsyofriend 2 , Indra Yeni 3 , Universitas Negeri Padang. 5, 73–84.

Ardiyansyah, M. (2020). Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Deley) Pada Anak Usia Dini. Gue Pedia Group.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Husamah. (2013). Media Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Buku Ajar, 1–128.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini (Yogyakarta). Publisher.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengmbangan Bahasa Anak Usia Dini (Jakarta). KENCANA

Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Rosyida, S. H., Zahro, I., Putri, H. R., & Timur, J. (2022). Pengaruh film “riko the series“ terhadap perkembangan kosakata anak usia 4-5 tahun di tk al-ikhlas desa serut kecamatan panti tahun ajaran 2021/2022. 5, 55–59.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Media Publishing.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran (Jakarta). KENCANA.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Wirda, W., & Yulsyofriend, Y. (2023). Pengaruh Film Animasi Riko The Series Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 63-71. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.247