Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Al-Fadilah Kota Bengkulu

Authors

  • Elvis Winda Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Nepi Apriana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Alimni Dahlan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i2.471

Keywords:

Cognitive; Child

Abstract

This research is motivated by the lack of cognitive development in Al-Fadilah Kindergarten, Bengkulu City. The type of research used is descriptive qualitative. Data collection techniques include observation and interviews. The research subject was 1 person and 2 class B teachers at Al-Fadilah Kindergarten, Bengkulu City. Data analysis was carried out by collecting observation and interview data, reducing, presenting data and drawing research conclusions. The results of research at the Al-Fadilah Kindergarten, Bengkulu City, namely the teacher's role in developing cognitive development in children, including learning about new abilities; generates many relevant ideas or answers and the flow of thoughts is smooth; and the ability to adapt successfully.

References

Ahmad, Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya (Jakata: Kencana,2011).

Anak, P., & Dini, U. (2020). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 6, 57–68.

Aris Priyanto. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XVIII/November 2014.

Dahar, R. Wi. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. V. Jakarta: Erlangga.

Desi Tri Mulyani, "Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif di RA At-Thohiriyah Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah" (skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung Tengah, 2019).

Dewi, R. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Mencari Pasangan Pada Anak TK Aba Troketon 2 Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Erfha Nurrahmawati, dkk. 2018. Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Raudlatul Ulum Kresnomulyo. Al-Athfaal Jurnal ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018).

Hamjah B. Uno & Nina Lamatenggo, Tugas Guru Dalam Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2016),1. Misnayani, "Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan dadu angka kompleks pada anak kelompok B PAUD TK Al-Agsho Lamomea Kec Konda" (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri, Kendari, 2018.

Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi, Cet. X. Bandung: Nusa Media.

Jhon W. Santrock, Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2007

Ridho Agung Juwantara, dkk. 2019. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah p-ISSN: 2088-9801 | e-ISSN: 2597-937X Vol. 9, No. 1 (Juni 2019), Hal. 27 – 34.

Misnayani, Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan dadu angka kompleks pada anak Kelompok B PAUD TK Al-Aqsho Desa Lamomea Kecamatan Konda, 2018.

Muhamad Rosid, 2021, Analisis Keterampilan Guru dalam Komunikasi dengan Peserta Didik di SMA Negeri Tegaldlimo Banyuwangi, Jurnal Edukasi, Volume 8 Nomor 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PERMENDIBUD RI ) Nomor 146 Tahun 2014

P. Ratu Ile Tokan, Manajemen Peneitian Guru untuk Pendidikan Bermutu (Jakarta: PT Grasindo, 2016), hlm. 298.Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Yogyakarta: Hikayat, 2005).

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Siti Nur Aisyah, dkk. 2022. Peran Guru Dalam Memberikan Penilaian Pada Belajar Anak Usia Dini. Junal RECEP: Vol. 3, No.2, November 2022, Hal 70-75.

I Nyoman Sudirman. 2021. Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Bandung: Jurnal Nilacakra Publishing House.

Undang-undang Republik Indonesia, No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 Ayat 1 (Bandung: Citra Umbara,2012).

Usman, dkk. 2020. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di Masa Pandemi Covid 19 DI PAUD Yapis Konda

Zakiah Dradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Winda, E. ., Apriana, N. ., & Dahlan, A. . (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Al-Fadilah Kota Bengkulu. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 257-265. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i2.471