Efektivitas Media Clay dalam Pengenalan Geometri Anak Usia Dini di TK Al-Umari

Authors

  • Lia Dian Sari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kota Palembang, Indonesia
  • Amilda Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kota Palembang, Indonesia
  • Nyimas Atika Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kota Palembang, Indonesia
  • Nyayu Soraya Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kota Palembang, Indonesia
  • Lidia Oktamarina Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kota Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v5i2.653

Keywords:

Clay Media, Ability to Recognize geometry, Early Childhood

Abstract

This study aims to analyze the effect of using clay media on improving the ability to recognize geometry in children aged 5-6 years at Al-Umari Kindergarten. The background of this study is based on the lack of stimulation given to children related to the introduction of geometric shapes in daily learning activities. This study uses a quantitative approach with an experimental method, as well as a one group pretest-posttest design. Data were collected through observation, testing, and documentation. The test instrument consisted of a pretest and posttest using Student Worksheets (LKPD) that had been tested for validity and reliability. The results of the analysis showed a significant increase in the ability to recognize geometry, with an average pretest score of 20.1 and increasing to 28.9 in the posttest. These findings indicate that clay media is effective in improving children's cognitive abilities in recognizing geometric shapes. In conclusion, clay media can be used as an alternative learning media that is interesting and useful for the development of early childhood cognitive abilities in the field of geometry

References

Aisyah Izza Hamida, C. N. A. "Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD." Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021: 45.

Aryati, Tatik. "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance OfChildhood Education For Child Development." Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 2024: 53.

Chelsi Yuliana, dkk. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Cholik, Abdul. "Pengaruh Pemanpaatan Media Oleh Pendidik PAUD Terhadap Prestasi Belajar Anak Didik di PAUD Darma Wanira Desa Kwadungan Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri." Jurnal Pinus, 2021: 176.

Evi Rahayu, Syahri Ramadhan, Nelia Guswanti, Roby Seprya, & Inmaryanto, I. (2022). Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini . Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 27-36. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.437

Farida, Intan Rahayu dan. "Pengaruh tanah liat terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak Aisyah 2 Tanjung Aur Padang." Journal of Early Childhood Islamic Education, 2020: 33.

Lestari, Filipin. Memahami Karakteristik Anak. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia, 2020.

Magdalena, Ina. "Pentingnya Media Pembelajaran untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri Merayu Selatan." Jurnal Edukasi dan Sains, 2023: 313.

Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Onet Board Berbasis Seling Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Dalam Berbagai Posisi Kepada Anak-Anak Usia 5-6 Tahun (E. P. Hutami & S. A. Ramli , Trans.). (2024). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(1), 37-50. https://doi.org/10.71049/9npe5p88

Nadia Suriani, Rosnita. "Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikn." Jurna Pendidikan Islam, 2023: 30.

Novita, Anggria. Seni Belajar Matematika Anak Usia Dini dengan Metode Montessori. Yogyakarta: CV Diandra Primamitra Media., 2021.

Nugroho, Ari R. Biostatistik Sebuah Aplikasi SPSS Dalam Bidang Kesehatan Dan Kedokteran. Yogyakarta: Jejak pustaka, 2022.

Nurahman, Alif. "Peran serta Media Pembelajaran dalam memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini." Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021: 107.

Nurfadhilah, Septy. "Penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Khoiri III Malang." Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2021: 248.

Pertiwi, Dian. "Persepsi orang tua terhadap pentingnya baca tulis hitung anakusia 5-6 Tahun." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021: 63-71.

Rahayu, Evi. "penggunaan alat peraga edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bnetuk Geometri Pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2022: 34.

Taufik, Andi Muhammad. Dasar-dasar Pendidikan. Makassar: Rizmedia Publishing, 2024.

Waruwu, Marina. "Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif, Metode PenelitianKuantitaif dan metode penelitian kombinasi." Jurnal Pendidikan , 2023: 201.

Winayati, I. Z., Astuti, I., & Yuniarni, D. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Melalui Alat Permainan Edukatif Balok pada Anak 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1-13.

Yufada, R., & Yulsyofriend , Y. . (2022). Penerapan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Bercerita dengan Gambar Seri di TK N 1 Tanjung Gadang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 88-96. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.208

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Dian Sari, L. ., Amilda, A., Atika, N., Soraya, N., & Oktamarina, L. (2025). Efektivitas Media Clay dalam Pengenalan Geometri Anak Usia Dini di TK Al-Umari. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 124-135. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v5i2.653