Manajemen Yayasan Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Dan Kependidikan
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Tenaga Pendidik, Tenaga KependidikanAbstract
Manajemen yayasan menjadi kunci keberhasilan lembaga pendidikan swasta dalam mengembangkan madrasah baik secara fisik maupun non fisik. Sehingga lembaga yang berada di bawah naungannya mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan pendidikan di Indonesia. Manajemen Yayasan Pendidikan Islam untuk pengembangan sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah di kecamatan
Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir perlu untuk diteliti agar diketahui secara pasti bagaimana langkah dan metode pengembangan yang tepat untuk kemajuan yayasan. Diantara metode pengembangan yang digunakan yaitu on the job training dan off the job training. Pengelompokan on the job training ( rotasi jabatan, training, bimbingan dan penyuluhan, latihan instruksi pekerjaan, demonstrasi, dan penugasan sementara). Off the job training pembagiannya yaitu (kursus, pendidikan, workshop, dan seminar). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan mengunakan yaitu metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan atau verifikasi (conclusion/verification). Manajemen Yayasan Pendidikan Islam Kuala Enok sudah bagus di bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Namun ada beberapa perbaikan yang harus segera dibenahi yaitu pada aspek pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan dan pengembangan. Metode yang sudah diterapkan yaitu rotasi jabatan, pendidikan berupa tugas belajar bagi guru yang belum S1, kursus, workshop, KKG dan seminar.
References
Baharuddin & Moh. Makin. (2010). Manajemen Pendidikan Islam, (Malang: UIN Maliki Press)
Burhan Bungin. (2007). Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana)
Departemen Agama. (2003). Manajemen Berbasis Madrasah
Malayu Hasibuan. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT Rosda Karya)
Malayu SP Hasibuan. (2004). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara)
M.Burhan Bungin. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Prenada Media Group)
Nurul Ulfatin dan Teguh Triwiyanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan,( Jakarta: Rajawali Pers)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 Pasal 2
Permendikbud No.16 Tahun 2007 Tentang Kompetensi Guru SD/MI
Salam, Syamsir & Jaelani Aripin. (2006). Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: UIN Press)
Sumarni. (2018). Peranan dan Fungsi Yayasan dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah, Edukasi : Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 16, Nomor 2
Sudarwan Danim. (2003). Menjadi Komunitas Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, (Jakarta: PT.Bumi Aksara)
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)
Udin Syaifudin Sa’ud. (2010). Pengembangan Profesi Guru, (Bandung: Alfabeta)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Kifayah: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.