Manajemen Kesiswaan Untuk Pengembangan Diri Peserta Didik
Keywords:
Manajemen Kesiswaan, Pengembangan diri, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) manajemen peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, 2) pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, 3) Manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru, 4) faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan data reduction), data display dan consclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kesiswaan yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan konsep manajemen kesiswaan , 2) Pengembangan diri peserta didik yang dilakukan MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan aspek-aspek pengembangan diri, 3) Manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, 4) Adapun faktor pendukung manajamen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yaitu: (a) Guru pembina yang sudah professional dan kompeten, (b) Motivasi peserta didik yang sangat kuat, (c) Fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, (d) Kerjasama yang solid antar tim. Sedangakan faktor penghambat yaitu: (a) Anggaran kegiatan belum maksimal, (b) Kerjasama dengan instansi pemerintah masih minim, (c) Publikasi berita seputar madrasah belum terorganisir.
References
Abrori, (2021), Martikulasi Pemenuhan Kompetensi Peserta Didik, di kutip dari https://unmuhpnk.ac.id/internal-221-matrikulasi-pemenuhan-kompetensi-peserta-didik pada hari Minggu, 11 Juli 2021.
Agustin Rahmawati, (2013), Kematangan sosial, jenis kelamin, dan persepsi tentang intraksi ayah dan ibu, Jurnal Psikologi Tabularasa, Volume. 8, Nomor. 2
Doni Juni Priansa, (2021), Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta
Eka Prihatin, (2014), Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta
Fatimah, (2002), Manajemen Personalia, Jakarta: PT. Gelora Aksara
Hamdan, (2001), Pernyataan Visi dan Misi Perguruan Tinggi. Jurnal Mimbar, Volume, XVII, Nomor, 1 Januari – Maret 2001.
Hurlock, Elizabeth, B., (2010), Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Imas Darmayanti dan Muhammad Hafil, (2020). Imas Damayanti dan Muhammad Hafil, Hubungan Menghafal al-Quran dan Kecerdasan Koginitif,https://www.republika.co.id/berita/q4v0i9430/hubungan-menghafal-alquran-dan-kecerdasan-kognitif, dikutip pada tanggal 12 Juli 2021
Imron, (2016), Manajemen Pesera Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara
Intan Mayangsari, (2020), Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Bakat Minat Ekstrakurikuler Mata Pelajaran Siswa di MTs Negeri 1 Trenggalek, Tulungagung: IAIN Tulungagung
Intan Vardini, (2015), Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. Volume. 5, Nomor. 3
Maemun Nusufi, (2016), Melatih konsentrasi dalam Olahraga, Jurnal Unimed, Volume. 15, Nomor. 2
Muhammad Rifa’i. (2018), Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran”, Medan: Widya Puspita
Nazarudin, (2020), Manajemen Strategik, Palembang: Noer Fikri
Nurmaizar Siregar, (2017), Hubungan Motivasi berprestasi dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia, Jurnal Diversita, Volume. 3, Nomor. 1
Paramitha, (2016), Urgensi Perumusan Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Lembaga Pendidikan Islam, jurnal Tarbawi, Volume 01, Nomor 01
Sudirman Anwar, (2011), Implementasi Program Pengembangan diri dalam kegiatan Ekstrakurikuler di SMA PGRI Tembilahan, Tesis, Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, (2018), Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, (2008), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media
Syafaruddin, (2017), Manajemen Kurikulum, (Medan: Perdana Publishing
Syafarudin dan Irwan Nasution, (2005), Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching
Syaiful Sagala, (2008), Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Syamsu Yusuf, (2011), Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tim Dosen Administratif Pendidikan UPI, (2011), Manajemen Pendidikan. (akarta: Alfabeta
Wenny Hulukati dan Meiske Puluhulawa, (2012), Pengembangan Model Bahan Belajar Mandiri Berbasis Andragogi untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Wenny Hulukati, (2013), Perangkat Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pengembangan kepribadian siswa SMA, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Kifayah: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.