Manajemen Kesiswaan Untuk Pengembangan Diri Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Amin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau
  • Tuti Andriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muslim Afandi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Manajemen Kesiswaan, Pengembangan diri, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) manajemen peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, 2) pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru, 3) Manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru, 4) faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan data reduction), data display dan consclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kesiswaan yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan konsep manajemen kesiswaan , 2) Pengembangan diri peserta didik yang dilakukan MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan aspek-aspek pengembangan diri, 3) Manajemen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di MAN 1 Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, 4) Adapun faktor pendukung manajamen kesiswaan untuk pengembangan diri peserta didik yaitu: (a) Guru pembina yang sudah professional dan kompeten, (b) Motivasi peserta didik yang sangat kuat, (c) Fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, (d) Kerjasama yang solid antar tim. Sedangakan faktor penghambat yaitu: (a) Anggaran kegiatan belum maksimal, (b) Kerjasama dengan instansi pemerintah masih minim, (c) Publikasi berita seputar madrasah belum terorganisir.

References

Abrori, (2021), Martikulasi Pemenuhan Kompetensi Peserta Didik, di kutip dari https://unmuhpnk.ac.id/internal-221-matrikulasi-pemenuhan-kompetensi-peserta-didik pada hari Minggu, 11 Juli 2021.

Agustin Rahmawati, (2013), Kematangan sosial, jenis kelamin, dan persepsi tentang intraksi ayah dan ibu, Jurnal Psikologi Tabularasa, Volume. 8, Nomor. 2

Doni Juni Priansa, (2021), Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta

Eka Prihatin, (2014), Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta

Fatimah, (2002), Manajemen Personalia, Jakarta: PT. Gelora Aksara

Hamdan, (2001), Pernyataan Visi dan Misi Perguruan Tinggi. Jurnal Mimbar, Volume, XVII, Nomor, 1 Januari – Maret 2001.

Hurlock, Elizabeth, B., (2010), Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Imas Darmayanti dan Muhammad Hafil, (2020). Imas Damayanti dan Muhammad Hafil, Hubungan Menghafal al-Quran dan Kecerdasan Koginitif,https://www.republika.co.id/berita/q4v0i9430/hubungan-menghafal-alquran-dan-kecerdasan-kognitif, dikutip pada tanggal 12 Juli 2021

Imron, (2016), Manajemen Pesera Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Intan Mayangsari, (2020), Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Bakat Minat Ekstrakurikuler Mata Pelajaran Siswa di MTs Negeri 1 Trenggalek, Tulungagung: IAIN Tulungagung

Intan Vardini, (2015), Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. Volume. 5, Nomor. 3

Maemun Nusufi, (2016), Melatih konsentrasi dalam Olahraga, Jurnal Unimed, Volume. 15, Nomor. 2

Muhammad Rifa’i. (2018), Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran”, Medan: Widya Puspita

Nazarudin, (2020), Manajemen Strategik, Palembang: Noer Fikri

Nurmaizar Siregar, (2017), Hubungan Motivasi berprestasi dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia, Jurnal Diversita, Volume. 3, Nomor. 1

Paramitha, (2016), Urgensi Perumusan Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Lembaga Pendidikan Islam, jurnal Tarbawi, Volume 01, Nomor 01

Sudirman Anwar, (2011), Implementasi Program Pengembangan diri dalam kegiatan Ekstrakurikuler di SMA PGRI Tembilahan, Tesis, Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, (2018), Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, (2008), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media

Syafaruddin, (2017), Manajemen Kurikulum, (Medan: Perdana Publishing

Syafarudin dan Irwan Nasution, (2005), Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching

Syaiful Sagala, (2008), Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Syamsu Yusuf, (2011), Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tim Dosen Administratif Pendidikan UPI, (2011), Manajemen Pendidikan. (akarta: Alfabeta

Wenny Hulukati dan Meiske Puluhulawa, (2012), Pengembangan Model Bahan Belajar Mandiri Berbasis Andragogi untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Wenny Hulukati, (2013), Perangkat Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pengembangan kepribadian siswa SMA, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 2

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Muhammad Amin, Tuti Andriani, & Muslim Afandi. (2022). Manajemen Kesiswaan Untuk Pengembangan Diri Peserta Didik. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 39-76. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/124