PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • Nikmah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau
  • Waldi Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau
  • Abdul Latif Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Budaya Organisasi Sekolah, Kinerja Guru, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervise akademik dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yang berkarakter probablistik menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Regresi linier berganda dengan serangkaian uji instrumen dan uji asumsi klasik. Teknik pengambilan sampel digunakan adakah Nonprobability Sampling, yang berjumlah 35 responden yang merupakan guru di SD IT Fadhilah Pekanbaru. Adapun hasil penelitian adalah dari penghitungan statistik yang peneliti lakukan di SD IT Fadhilah Pekanbaru terlihat bahwa nilai F hitung sebesar 37.419 pada tingkat signifkansi 0.000, artinya dapat dipastikan bahwa Fhitung lebih besar daripada F table (3.28). Hal ini menunjukkan bahwa variabel Supervisi Akademik (X1) dan Budaya Organisasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,700. Hal ini berarti bahwa variabel Kinerja Guru dijelaskan oleh variabel Supervisi Akademik dan Budaya Organisasi Sekolah sebesar 70.0%, sedangkan sisanya sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

References

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009 .Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Abrani Syauqi dkk. (2016). Supervisi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aswaja

Ali Imron. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya dengan transliterasi, Departemen Agama RI, Semarang: PT. Karya Toha Putra, tt

Asf, Jasmani. (2013). Supervisi Pendidikan (Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah Dan Guru), Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Asfar Halim Dalimunthe. (2009). Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai, Universitas Sumatra Utara

Burhanudin. (2007). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dadang Suhertian. (2010). Supervisi Profesional, Bandung: Alfabeta

Daryanto & Mohammad Farid. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media

& Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media

Dewi Surryani Budiono. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Terhadap Variabel Latervening Pada PT. Kerta Rajasa Raya, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Volume. 16, Nomor. 1.

Fiet Avian Putra. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Jurnal Magister, Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung.

Hamzah. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jurnal Studi Islamika, Volume. 10, Nomor. 1.

Hartono. (2019). Metodogi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing

Hary Susanto. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume.2, Nomor.2

Harychsoon Angmalisang. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Manado, Jurnal pendidikan tekhnologi dan kejuruan, Volume. 3, Nomor. 1

Ida Ayu Prahmasari. (2008), Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Volume.10, Nomor. 2

Jamal Ma’mur Asmani, (2012), Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogyakarta: DIVA Press

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Manahan P Tampubolon. (2004), Prilaku Keorganisasian, Jakarta: Penerbit Ghia Indonesia

Martinis Yamin & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Persada Press

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bany Quraisy

Muhammad Ihsan. (2014). Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Surat Kabar Harian Barito Post. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Volume. 2, Nomor.1

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nel Arianty. (2014). Pengaruh budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Manajemen & Bisnis. Volume. 14, Nomor. 2

Ngalim Purwanto. (2017). Administrasi dan Supervisi Penidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya

Nur’aeni Asmarani. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume. 2, Nomor. 1

Nuzilal Haq. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru, Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Jornal, Volume. 1, Nomor. 2

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Bandung: Diperbanyak Oleh Nuansa Aulia 2009

Roimanson Panjaitan, 2017. Metodologi Penelitian. Nusa Tenggara Timur: Jusuf Aryani Learning

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suhandi Astuti. (2017). Guru di SD Laboratorium Uksw. Scholaria, Volume. 7, Nomor. 1

Suhandi Astuti. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw Suhandi Astuti Manajemen Pendidikan, Jurnal Scholaria, Volume. 7, Nomor. 1

Suharsimi Arikunto. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

, (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Suharyanto & Tony Susilo W. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Beberapa Sma Negeri Di Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Pro Patria Volume.14, Nomor. 1.

Sukdin dan Mundir. (2005). Metodologi penelitian: Bimbingan dan Pengantar kesuksesan dalam dunia penelitian, Surabaya: Insan Cendikia

Syaiful Sagala. (2008). Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta

, (2013), Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2011 Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Uhar Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan. Kelapa Gunung: PT. Refika Aditia

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Nikmah, Waldi Saputra, & Abdul Latif. (2022). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 77-93. Retrieved from http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/127