UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING PADA SISWA KELAS V MIN 2 INDRAGIRI HULU

Authors

  • Siti Aisyah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu

Keywords:

Metode Pembelajaran Discovery Terbimbing, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Indragiri Hulu menggunakan metode pembelajaran discovery terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 2 Indragiri Hulu yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pada siklus pertama dilakukan dalam satu kali pertemuan sedangkan pada siklus kedua dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara empirik dan expert judgment. Reliabilitas tes dihitung menggunakan Alpha Cronbach. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya di atas KKM baru mencapai 71,43%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II, langkah-langkah penerapan metode pembelajaran discovery untuk meningkatkan keberhasilan siswa dilakukan dengan cara pemberian motivasi, pembagian jumlah anggota kelompok yang lebih kecil dan keheterogenan anggotanya, serta memberikan kesempatan melakukan presentasi kelompok atas hasil praktikumnya di depan kelas. Persentase nilai siswa yang di atas KKM pada siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode discovey terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar IPA.

Author Biography

Siti Aisyah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Indragiri Hulu

Website: www.stit-alkifayahriau.ac.id
Instagram: @stitalkifayahriau
Fanspage: Kampus STIT Al-Kifayah RIAU
Youtube: Media Al-Kifayah
Email: stitalkifayahriau@gmail.com

References

Abdullah Aly & Eny Rahma. (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto S, Suhardjono, Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Aksara.

Etin Solihatin. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaram IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Centre.

Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moedjiono Moh. Dimyati. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakata: Depdikbud.

Purwaningsari. (2001). Skripsi; Pengaruh Penenrapan Model Pembelajaran

Penemuan Terbimbing melalui Model Eksperimen terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Siswa SMU Muhammadiyah I Nganjuk. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sulistyorini, Sri. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Global Pustaka Ilmu.

Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Siti Aisyah. (2022). UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING PADA SISWA KELAS V MIN 2 INDRAGIRI HULU. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 94-102. Retrieved from http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/136