Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Tata Krama Peserta Didik SD Negeri 07 Pinang Sebatang Barat

Authors

  • Mustika Simbolon SD Negeri 07 Pinang Sebatang Kabupaten Siak

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Kristen, Nilai-nilai Tata Krama

Abstract

Seorang guru bukan hanya sebagai nara sumber dalam mengetahui dan menguasai materi pelajaran tetapi juga menjadi teladan bagi peserta didik. Menjadi seorang guru bukan hal yang mudah, selain dapat mengajar dan mendidik, juga menjadi teladan dalam tindakan dan perbuatan yang baik. Pentingnya Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan nilai-nilai tata krama peserta didik. Guru PAK adalah pengajar, pendidik dan teladan, baik dalam tutur kata perbuatan iman maupun kasih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana gambaran umum tentang keteladanan guru PAK. Kemudian menjelaskan bagaimana keteladanan guru PAK dalam meningkatkan nilai-nilai tata krama peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun artikel ini adalah penelitian kualitatif literatur (library reseach). Penulis mendeskripsikan setiap pandangan atau teori para ahli dan menyusunnya secara berurutan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keteladanan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik dan bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepadanya. Keberhasilan seorang guru PAK adalah dimulai dari dirinya terlebih dahulu. Hal itu dapat terjadi melalui bakat, pribadi, persiapan dan hubungannya yang benar dengan Tuhan. Guru PAK harus memiliki tingkah laku yang baik dan sopan dalam kehidupannya, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen akan meningkatkan tata karma peserta didik

Author Biography

Mustika Simbolon, SD Negeri 07 Pinang Sebatang Kabupaten Siak

Website: www.stit-alkifayahriau.ac.id
Instagram: @stitalkifayahriau
Fanspage: Kampus STIT Al-Kifayah RIAU
Youtube: Media Al-Kifayah
Email: stitalkifayahriau@gmail.com

References

Arichea dan Hatton. 2004. Pedoman Penafsiran Alkitab Surat Paulus Kepada Timotius dan Kepada Titus. Jakarta:Lembaga Alkitab Indonesia.

Balz, Horst dan Gerhard Schneider. I994. Exgetical Dictionary Of The New Testament. Grand Rapids: Erdmans.

Calvin, John. 1993. Calvin 's Commentaries Volume xxi. Grand Rnpids: Baker Book House.

Cully Iris V. 1985. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Daun, Paulus. 2001. Kristen yang Bertumbuh. Manado: Daun Family.

Divinyi, Joyce, 2003. Discipline your Kids. Jakarta: PT. Bhunna Ilmu Populer.

E. M, Blaiklok. 1972. Surat-surat Pengembalaan. Malang: Gandum Mas.

Linda & Richard Eyre, 1995. Mengajarkan Nilai-nilai kepada Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Price, J. M., I997.Yesus Guru Agung. Jakarta: LLB.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfa Beta.

Setiawan, Mary & Stephen Tong, 1995. Seni Membenmk Karakter Kristen. Jakarta: Momentum.

Setiawan, Mary Go. l995. Pembaharuan Mengajar. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Smith, Mark K. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakam: Mirza Media Pustaka.

Soemanto, Wasi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprayogo, Imam dan Tobroni, 2003. Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 136-137.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, 2008, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 78.

Tim Penyusun Metodik, 1995.Metodik Kurikulum PBM. Jakarta: PT Raja Gritimdo Persada.

Wijanarko, Jarot. 2002. Mendidik Anak. Jakarta: Suara Pemulihan.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Mustika Simbolon. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Tata Krama Peserta Didik SD Negeri 07 Pinang Sebatang Barat. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 139-147. Retrieved from http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/141