Pelatihan Pendampingan Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Bagi Guru MIPA MTSN 1 Kampar
Keywords:
PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan pelatihan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS bagi guru rumpun science (MIPA). Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kampar di Jalan Transad No.7 Desa Lereng Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 selama tiga bulan mulai dari bulan Februari sampai April 2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan dan soal. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru rumpun Science (IPA dan Matematika) dengan jumlah 11 guru. Terdiri dari 5 guru Matematika dan 6 guru IPA. Tindakan penelitian dilakukan dengan prosedur berdasarkan prinsip Kemmis dan Taggart dalam Ulfatin yang mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi (Prof. Dr. Nurul Ulfatin, 2022). Teknik validasi dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan guru pada kegiatan pra-pelatihan pengembangan sebesar 61 poin yang tergolong predikat cukup baik, pada kegiatan siklus I terdapat peningkatan sebesar 11% dengan nilai rata-rata 72 poin masuk predikat baik. Dan pada siklus III terjadi peningkatan juga yakni sebesar 12% dengan nilai rata-rata 84 poin dengan rincian 3 guru berpredikat sangat baik, dan 8 guru memiliki predikat baik. Maka secara keseluruhan tindakan pelatihan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan guru MIPA dalam menyusun istrumen penilaian berbasis HOTS telah memenuhi kriteria capaian indikator keberhasilan ≥ 80%.
References
Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020). Higher-Order-Thinking Skill (Hots) Bagi Kaum Milenial Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika. IRDH Book Publisher. https://books.google.co.id/books?id=wzXsDwAAQBAJ
Drs. Sinar, M. A. (2021). Peran Pengawas Di Era Global Terobosan Baru Meningkatkan Profesionalitas Guru. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ORw-EAAAQBAJ
Muljono, D. P. (n.d.). Pengukuran Dlm Bid Pendidikan. Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=3SuBDp8bo7gC
Nugroho, Y. A. B., & Manalu, S. F. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=sz6wDwAAQBAJ
Pakpahan, M., Amruddin, A., Sihombing, R. M., Siagian, V., Kuswandi, S., Arifin, R., Mukhoirotin, M., Karwanto, K., Tasrim, I. W., & Kato, I. (2022). Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=qa1sEAAAQBAJ
Prof. Dr. Nurul Ulfatin, M. P. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=kISeEAAAQBAJ
Rozalena, A., & Dewi, K. (n.d.). Panduan Praktis Menyusun Dan Pelatihan Karyawan Pengembangan Karier. Raih Asa Sukses. https://books.google.co.id/books?id=yJK7CwAAQBAJ
S. Edy Subroto, S. P. M. M. P. (2017). Penelitian Tindakan Sekolah: Desain Praktik Pembelajaran 4.0. LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press Editor: Rima Trianingsih M.Pd. https://books.google.co.id/books?id=CZioDwAAQBAJ
Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2021). Pengembangan Model Pelatihan Dan Pendampingan Blanded Learning Bagi Guru - Guru Smk Untuk Menyiapkan Guru Kreatif Dan Inovatif Guna Mendukung Merdeka Belajar. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (PRO-TRAPENAS), 1(1), 220–231. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/212
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Tira Smart. https://books.google.co.id/books?id=GrfrDwAAQBAJ
Sopiah, S., Murdiono, A., Martha, J. A., Prabowo, S. H., & Fitriana, F. (2019). Pelatihan dan pendampingan penyusunan bahan ajar bagi guru sma 5 kediri. Jurnal Karinov, 2(1), 52–56.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=rpWEDwAAQBAJ
Dr. Haryanto, M. P., & Amalia, S. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=YlVBEAAAQBAJ
Hari, B. S. (2019). Belajar IPA dan Matematika yang Efektif. Penerbit Duta. https://books.google.co.id/books?id=wjmvDwAAQBAJ
Sabarina Elprida Manik, A. M. A. K. S. K. M. M. P., Muhammad Izzudin, M. P., Iis Istianah, S. E. S. M. P., Fauziah Astuti, M. P., Eka Indriastuti Kartikasari, M. P., Wahyudin, M. P., Dr. Srie Faizah Lisnasari, M. S., Haya Sumairoh, S. P. M. P., Umar Harun Arrasyid, M. P., & Fitri Yati, A. M. R. O. S. K. M. M. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pada Pelajaran MIPA (Matematika IPA). Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=JjRrEAAAQBAJ
Hurit, R. U., Ahmala, M., Tahrim, T., Chasanah, U., Rispatiningsih, D. M., Putri, R., Satria, R., Isbir, M., & Jannah, R. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=vLc8EAAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.