Konstruksi Pendekatan Saintific Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Perpajakan Riau

Authors

  • M. Hatta STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak, Indonesia
  • Agus Subairi STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak, Indonesia
  • Muhammad Amin STAI Al-Kifayah Riau, Indonesia

Keywords:

Konstruksi, Saintific, Pembelajaran PAI

Abstract

Konstruksi pada penelitian ini dalam rangka menggali kebermanfaatan penerapan pembelajaran system Saintific dalam pembelajaran PAI pada SMK Perpajakan Riau. Metode yang digunakan adalah ekprimen riseach dengan subyek penelitian Guru PAI berjumlah 1 orang. Dengan keimpulan penelitian yaitu: 1) pendekatan Saintific dalam pembelajaran PAI memberikan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran lalui lima unsur yakni: (1) mengamati, (2) Menanya, (3) eksprimen (4) Asosiasi dan (5) menalar. Hal tesebut digambarkan melalui temuan guru PAI mampu memberikan pembelajaran dengan menarik perhatian siswa, motivasi yang tinggi dari para siswa, mampu memberikan acuan serta pemetaan pembahasan PAI. 2) guru PAI mampu memunculkan pembelajaran yang kritis sebagai wujud saintificnya. Dari temuan penelitian terkonfirmasi melauli teori johnn dewey yang mengemukakan sebagai berikut: 1) mengemukakan persoalan msalah, 2) memperjelas persoalan masalah, 3) melihat kemungkinan jawaban peserta didik-peserta didik bersama pendidik mencari kemungkinan-kemungkinan yang akan dilaksanakan dalam pemecasahan persoalan, 4) mencobakan kemungkinan yang dianggap mennguntungkan, 5) penilaian. Dari beberpa tujuan tersebut dapat ditarik kesimpulan beberapa dimensi yang hendak ditingkatkan dan dituju oleh kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu: a) Dimensi keimanan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. b) Dimensi pemahaman atua penalaran (intelektual) serta keilmuan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. c) Dimensi penghayatan atau pengalaman batin yang dirasakan peserta didik dalam menjalankan ajaran Islam

References

Abdul Majid & Chaerul Rochman, (2014) Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Remaja Bandung, Rosdakarya.

Banawi, A. (2019). Implementasi pendekatan saintifik pada sintaks discovery/inquiry learning, based learning, project based learning. Biosel: Biology Science and Education, 8 (1)

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3 (1)

Daryanto., & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Penerbit Gava Media.

Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21.

Hamdi Abdillah dan Hardiyat, (2018) Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Terhadap Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, No.1 Vol.1, (Agustus 2018)

Hayati, L., & M. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar MIP, 14(1).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1)

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1)

Rizki, N., & Sari, N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 035 Indrapuri 1A. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1157–1166.

Sunarko, A., & Firdaus, A. M. (2021). Pendekatan Saintifik dalam Pengembangan Metode dan Strategi Pembelajaran Agama Islam di Indonesia. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 68–74.

Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132–3144.

Widyaningsih, Y., & Daniel, D. (2020). Peran Keluarga dalam Pembelajaran di Rumah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 11(2), 39–46.

Yoserizal Bermawi, Jurnal, Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar, Vol. 2 No.4, April 2016

Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama (Surabaya: Usaha Nasional, 1981)

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

M. Hatta, Agus Subairi, & Muhammad Amin. (2022). Konstruksi Pendekatan Saintific Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Perpajakan Riau. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(2), 104-117. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/217