Implementasi Supervisi Akademik melalui Pemanfaatan CCTV sebagai Upaya Monitoring Jarak Jauh terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Kuantan Singingi pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Supervisi akademik, CCTV, Monitoring jarak jauhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang supervisi akademik yang telah dilakukan di MAN 1 Kuantan Singingi dalam upaya monitoring jarak jauh kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 pekan pada bulan Agustus sd. September 2022. Tahapan penelitian dilakukan berdasarkan pedoman proses dalam manajemen. Manajemen adalah suatu rangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pengendalian dalam rangka memberdayakan seluruh sumber daya organisasi/perusahaan, baik sumberdaya manusia (human resource capital), modal (financial capital), material (land, natural resources or raw materials), maupun teknologi secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan (Pratama, 2020), organisasi yang dimaksud dalam hal ini adalah MAN 1 Kuantan Singingi. Subjek penelitian dipiling dengan teknik random sampling. Subjek tersebtu yaitu 6 orang guru wali kelas yang berbeda, untuk memperoleh ragam data dari rombel yang berbeda. Terdiri dari 1 guru wali kelas X MIPA 5, 1 guru wali kelas X IPS 2, 1 guru wali kelas X PK 1, 1 guru wali kelas XI MIPA 4, 1 guru wali kelas XI IPS, dan 1 guru wali kelas XI PK 1. Objek dari penelitian ini adalah kinerja guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi hasil CCTV selama dilakukan pengawasan/monitoring terhadap guru. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Menurut Arikunto (2006), penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset yang bersumber deskriptif dan cendrung menggunakan analisis (Sudaryono, 2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CCTV dalam pelaksanaan monitoring kinerja guru di MAN 1 Kuantan Singigni berada dalam ketegori baik.
References
Cecep, H., Subakti, H., Nurtanto, M., Purba, S., Hasan, M., Sakirman, R., Mulyadi, D., Muntu, D. L., Kato, I., & Karwanto, K. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=EJlFEAAAQBAJ
Dr. H. Kasman, S. P. I. M. A., Novebri, S. P. M. P., & Barus, M. I. (2021). Manajemen dan supervisi pendidikan Islam. madina publisher. https://books.google.co.id/books?id=tP5bEAAAQBAJ
Dr Irjus Indrawan, S. P. I. M. P. I., Pd, U. M. S. A. S., Rabiatul Adabiah, S. P., Jauhari, S. P. I. M. M., Titik Nikmatul Faizah, S. P. I. M. P. I., Warlinah, S. A., Taufiqur Rohim, S. S., Achmad Nadzir, S. P. M. P., Hj. Latifah, S. P. G., & Mimin Rusmiati, S. P. M. M. P. (2020). Guru Profesional. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=0Pv3DwAAQBAJ
Kasaming, A. (2021). Monitoring Dan Evaluasi dalam Pembelajaran. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=EnRMEAAAQBAJ
Metode Penelitian Pendidikan. (2016). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=uTbMDwAAQBAJ
Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=mzX4DwAAQBAJ
Sani, R. A., & Mucktiany, A. (2017). Best Practices Manajemen dan Pengawasan Sekolah. Ridwan Abdullah Sani. https://books.google.co.id/books?id=0npYEAAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.