Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Materi Pokok Mengenal Negara-Negara ASEAN pada Siswa Kelas 8 MTs dengan Model Play Based Learning berbantuan Metode Card Matching

Authors

  • Efi Deswati Nasution Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Play Based Learning, IPS Terpadu

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dalam dua bulan di tahun 2021. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi (Siyoto & Sodik, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.2 di MTs N 3 Kota Pekanbaru pada mapel IPS Terpadu materi pokok mengenal negara-negara ASEAN melalui upaya percobaan menerapkan model play based learning dengan metode index card match. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII.2 dengan objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui abservasi, kuisioner, dan instrument tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menguraikan atau mendeskripsikan hasil dari data olahan kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh. Adapun indikator yang mengindikasikan keberhasilan penelitian ada dua, yaitu: 1) Feedback siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mendapat tanggapan positif dari seluruh siswa mencapai 80%; 2) Siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai KKM ≥ 81 sebanyak 85% dari total seluruh siswa. Hasil penelitian menyimpulkan antara lain: 1) Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan mencapai ketuntasan sebesar 65,6% dengan nilai rata-rata 83.5. Pada siklus II ketuntasan belajar juga mengalami laju peningkatan yang signifikan yakni mencapai 90.6% dengan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan yaitu 90; 2) Hasil kuisioner terkait nilai tanggapan siswa selama proses tindakan pembelajaran dilakukan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 42,6 dengan kategori setuju. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa penerapan metode card matching dapat meningkatkan hasil belajar dan menarik minat mereka sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

References

Amin, M. L. (2018). Play-Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Progresivisme. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 43–63

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

M, Z. A. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=F8-HDwAAQBAJ

Sapriya, (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) terhadap Hasil Belajar Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1710

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ

Subyantoro. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.

Sumayana, Y. (2015). Penggunaan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasan Mengenal Sejarah Uang. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1335

Yamin, Martinis. (2004). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi Cetakan II. Jakarta: PT Gaung Persada Press

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Efi Deswati Nasution. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Materi Pokok Mengenal Negara-Negara ASEAN pada Siswa Kelas 8 MTs dengan Model Play Based Learning berbantuan Metode Card Matching. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(2), 118-131. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/219