Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Perkalian Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri 005 Sungai Bungo

Authors

  • Fitri Handayani Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Nia Rahmadani Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Parlindungan Simbolon Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Nikmah Nikmah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Maspuri Maspuri Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.392

Keywords:

Learning Outcomes, Realistic Mathematics Learning (PMR)

Abstract

This classroom action research purpose is to improve the students’ ability to calculate multiplication at second grade of SDN 005 Sungai Bungo, Kampar Kiri Hilir District, Kampar Regency in the 2022/2023 academic year through Realistic Mathematical Approach. The form research is classroom action research consisting of two cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementing, observing and reflecting. The research subjects were 26 second grade students of SDN 005 Sungai Bungo. Data collection techniques were observation and tests. The data analysis technique used an interactive model analysis technique which consists of three components of analysis; data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study were (1) there is an increase in the average score obtained by students from the previous initial test of 58.46; then in the first cycle test from 74.03 to 83.46 in the second cycle, (2) there is an increase in the percentage of student learning completeness which was only 38.46% in the initial test; and in the first cycle test 84.61%; then in the second cycle to 100%. The results of the research show that using a realistic mathematical approach improve the ability to calculate multiplication in second grade students of SDN 005 Sungai Bungo, Kampar Kiri Hilir District, Kampar Regency in the 2022/2023 academic year

References

Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:Bumi Aksara

________________ 2001. Proses Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineke Cipta

Dewi Handayani, Riska dan Yuli Yanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Euis Karwati, Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Kelas Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menenangkan, Dan Berprestasi, (Bandung: Alfabeta, 2015

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik Teori,Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hamzah, M. Ali. & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, (Bandung: remaja Rosda Karya).

Isrok’atun, & Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Julie, Hongki, 2002. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik dan Beberapa Contoh dalam Pembelajarannya”, dalam Widya Dharma

Jumita, Fitri, Zulfa Amrina dan Niniwati, Peningkatan Hasil belajar Matematika dengan menggunakan pendekatan PMR pada siswa kelas IV SDN 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Kahar, Muhammad Syahrul. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol.02, No. 1Kelas Iv Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung,

Liani, Kartika Fitri & Maulana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekaran Realistic. Jurnal Upi Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3, No.1.

Nata, Abuddin, 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Negara, Hasan sastra. 2016. konsep dasar matematika untuk PGSD. Bandar Lampung: AuraPipit Fitriani, Rahmat Permana, dan Mohammad Fahmi Nugraha, Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) Dengan Teknik Pair Checks Materi Pecahan Terhadap Prestasi Siswa SD, Jurnal, Vol 3. No.2. Desember 2019

Putri Hana Febriana, Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas VSDN 003 Bangkinang. Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1, (Mei 2017). hlm.72 .

Putri, Ariska Destia & Ifrianti, Syofnidah. 2017. Peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga jam sudut pada peserta didik kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan .TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 4 No.1.

Rahmawati, Nurlaela dan Herman, Tatang, Upaya Meningkatkan Minat dan Sikap Positif Siswa SLTP Kelas 1 Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (RME). Dalam Prosiding Seminar Matematika Tingkat Nasional. Bandung, 23 Januari, 2002.

Simanjuntak, Lisnawati, 1992. Metode Mengajar Matematika 1. (Jakarta: Rineka Cipta).

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4, No. 2

Undang-Undang R.I. No. 20 Tahun 2003, Tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah R.I. No 47 Tahun 2008, Tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, 2008.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Zuhairi, Ida Umami, Akla, Sio Zulikha, Yuyun Yuniarti, Elfa Mardiana, Ahmad Subhan Roza, Imam Mustofa, 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah”, Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Handayani, F. ., Rahmadani, N. ., Simbolon, P. ., Nikmah, N., & Maspuri, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Perkalian Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri 005 Sungai Bungo. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 192-205. https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.392