Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V MI Al-Kifayah Pekanbaru

Authors

  • Supri Supri Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Ayu Purnamasari S Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Ika Imroatul Jamilah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.398

Keywords:

Students’ Science Achievements, Numbered Head Together Type

Abstract

The research purpose is to describe the application of Numbered Head Together (NHT) to improve students’ science achievement at  the third grade students of MI Al-Kifayah Pekanbaru. The subjects of this study were 20 students at  fifth grade of MI Al-Kifayah Pekanbaru consist of  5 boys and 15 girls in heterogeneous student abilities. Meanwhile, the object of this research is to improve students’ science achievement through the application of the Numbered Head Together, one of type of cooperative learning model. The research procedure used  Classroom Action Research.  In order to ensure this classroom action research run well, the researcher used the steps; 1) Planning/preparing for action, 2) Action implementation, 3) Observation, and 4 ) Reflection. The results of the study proved that the application of the numbered head together type of cooperative learning model in fifth grade of MI Al-Kifayah Pekanbaru. The result of the research showed that there is an increase in students’ science achievement before the action to cycle I and cycle II. Before the action, before the action to cycle I and cycle II, only 40%. students who reached criteria level minimum (KKM). In the first cycle the student who reached criteria level minimum (KKM ) became 75% and in the second cycle students who reached criteria level minimum (KKM) increased to 90%. It proved that improvement of students’ science achievement of fifth grade students of Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah Pekanbaru by applying the numbered head together type of cooperative learning model is considered well done as the individual and class reached 90% of criteria level minimum (KKM).

References

Agus Suprijono, 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Asdaqul Islam, 2019, Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Cooperatipe Learning Tipe Numbered Head Together pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Muaro Jambi, (Jambi: UIN Sultan Thaha Syaifuddin)

Asma, Nur, 2006, Model Pembelajaran Kooperatif. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi),

Alfiyatul Khikmah, 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan Hasil belajar Fikih Dalam Materi Salat ID Siswa kelas IV MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asdaqul Islam, 2019. Peningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model cooperative learning tipe numbered head together pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Muaro Jambi, Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin

Damar Retnaningsih, 2006, Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SD Negeri Panggung Sedayu Bantul”, (Yogyakarya: Universitas Negeri Yogyakarta)

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta)

Hamzah B.Uno, Nurdin Mohamad, 2011. “Belajar dengan pendekatan PAILKEM”, Jakarta: PT Bumi Aksara

Dewi Setiyawati, Sholikhul Anwar, Maslikhah, Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Jurnal Ilmu Kependidikan Vol.3, No. 1, Februari 2020

Hattreztoka, Suharko. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN 219 Patimura Kota Jambi”. Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Indrawan WS, 2000, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jombang: Lintas Media)

Isjoni, 2011, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

____, 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isriani Hardini,dkk, 2012. “Strategi Pembelajaran Terpadu”, Yogyakarta: PT Familia

Kokom Komalasari, 2011, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, (Bandung: Reika Aditama)

Kunandar, 2014. Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh, Jakarta: Rajawali Pers

Kusumah. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Implementasi K-13. Bandung: Yrama Widya.

Lina Latifah, 2019, Penerapann Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata Pelajaran IPA SDN 2 Rama Kelandungan Tahun Pelajaran 2018/2019, (Lampuang: IAIN Metro)

Lubis, Ria Geetha. 2016. Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKN Di SD Negeri 20 Kota Jambi. Sekripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. UIN STS Jambi.

Majid, Abdul. 2014.“Pembelajaran Tematik Terpadu”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

___________. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E .2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, 2013. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ni Km. Suandewi, I Made Citra Wibawa, dengan judul penelitian Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD No.3 Kapal, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.1, No. 1, Tahun 2017

Paizaluddin dan Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta

Rahmadhani, Herlambang. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV.Budi Utama

Sholeh Muntasyir, et.al, Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Assesment For Learning (AFL) Melalui Penilaian Teman Sejawat Pada Materi Persamaan Garis Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Matematika Siswa MTsN Kabupaten Sragen, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.2, No.7, hal 667-679, September 2014

Sugiyar, Wildan, dkk. 2009. “Modul Pembelajaran Tematik Edisi Pertama”. Surabaya: Aprinta

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Supardi, 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor Konsep dan Aplikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Cetakan 1, Jakarta: Kencana

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang SISDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003), (Jakarta: Sinar Grafika, 2008),

Uway Juwairiyah, “Pengaruh Strategi Number Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran fikih kelas VII di mts Darul Ihsan hamparan Perak”, Jurnal AlIrsyad Vol. VIII, No. 1, Januari – Juni 2017

Zainal Arifin, 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuhernis, 2012, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah Pekanbaru, (Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Supri, S., Purnamasari S, A. ., & Imroatul Jamilah, I. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V MI Al-Kifayah Pekanbaru. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 175-202. https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.398