Integrasi Moderasi Beragama di Dalam Mata Pelajaran Agama Islam

Authors

  • Siti Maysyarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia
  • Raudhatul Jannah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia
  • Salahuddin Al Asadullah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.413

Keywords:

Religious Moderation, PAI Learning

Abstract

The purpose of this research is to analyze the integration of religious moderation values in PAI subjects.  By using a library research approach (library research) and in-depth analysis, it is concluded that there are three models of integration that are suitable for use in Islamic religious moderation learning, namely the integration of religious moderation scores with KD and KI which involve moderation scores, Integration.  Through experiential learning or learning methods based on experience and integration through hidden curricula or hidden curricula that are owned by all elements of the school

References

Anjeli Aliya Purnama Sari. 2021. “Menerapkan Nilai-Nilai Moderat Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam.” IAIN Bengkulu.

Hamzah, Heri Cahyono, dan Arief Rifkiawan. 2018. “Upaya Lembaga Pendidikan Islam Melawan Radikalisme.” Jurnal Teknologi Pengolahan Bahan 1, No. 1

Indonesia, Kementerian Agama Republik. 2021. Mengintegrasikan fasilitasi keagamaan dalam pembelajaran PAI, n.d. Kementerian Agama Republik Indonesia. "Pertanyaan dan Jawaban tentang Pertarakan Religius." Ibadah RI 20, Nomor 6

Kompasiana.com. "Moderasi Beragama Halaman 1 - Kompasiana", 2020. Kurniawan, Muh. Alif, Rochanah, Suyatmi, Ari Fajar Isbakhi, Kuni Adibah, Syifaun Nikmah, Fatoni Achmad dll. “Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam:

Dari klasik ke abad pertengahan hingga modern." Qoulun Pustaka (2014): 293

Kamus Online Paling Tepercaya di Amerika.” Merriam Webster, 2002. Mohammed, Kandang Hashim Kamali. "Tabel Vojo Modereco di Islamo:

Prinsip Al-Quran Wasatiyya.” Ulasan Pilihan Online 53, n-ro 03 (2015).

Mokoginta, Huju. 2022. “Pengajaran Siswa N 2 Kotamobagu Nilai Moderasi Beragama di MTs Melalui Simbol Keagamaan, Muatan Rasional dan Pengetahuan Sosial.” Jurnal Kebijakan Pendidikan Islam 7

Mussafa, Rizal Ahyar. 2018. “Konsep Nilai-Nilai Moderat Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 143)” UIN Walisongo Fakultas Ilmu Keguruan Dan Tarbiyah Semarangam

Utama, dinar. 2020. “Pengembangan Skala Thrustone Interval Equal Appearing Interval Untuk Mengukur Sikap Kesantunan Beragama Pada Siswa .” Jurnal Teori dan Psikologi Terapan 11, No. 1

Rahmah, Wahyuni Shifatur. "Pemikiran Al-Raghib Al-Asfahan tentang Al-Qur'an, Tafsir dan Ta'wil." Jurnal Cakrawala:

Sultan, 2020. IAIN dan Amai Gorontalo. Pedoman penulisan publikasi ilmiah. Gorontalo

Yahya, M.Daud. Rahmat Universal Moderasi Beragama untuk Tempat, Bangsa dan Rahmat Global - Website Resmi UIN Antasari

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Maysyarah , S. ., Jannah, R. ., & Al Asadullah, S. . (2023). Integrasi Moderasi Beragama di Dalam Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 352-362. https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.413