Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak di Sekolah Dasar Negeri 012 Purnama Dumai Barat Kota Dumai

Authors

  • Syahri Ramadhan STAI Al-Kifayah Riau
  • Lestari Afridawati Butar-Butar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/ja.v3i1.498

Keywords:

Psychology, Parenting Patterns, Children's Education

Abstract

Pada umumnya pola asuh orang tua adalah mangasuh, mendidik, dan mendampingi anak. Pola asuh yang terbagi 3 yaitu: pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif, orang tua yang menerapakan tipe pola asuh tentu akan memiliki dampak pada sikap maupun kegiatan belajar anak. Penelitian ini membahas “Tipe Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Di SD Negeri 012 Purnama Dumai Barat, Kota Dumai”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tipe pola asuh orang tua dan apa implikasi dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada anak di SD Negeri 012 Purnama. Metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini ialah 6 orang tua, 6 anak dan 3 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tipe pola asuh yang diterapkan pada orang tua terhadap anak dapat mempengaruhi keberhasilan belajar seperti 1). pola asuh otoriter orang tua yang cendrung memaksa, membandingkan anak, membentak dan kasar yang membuat anak kurang aktif, sulit konsentrasi dan kurang mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan tertib. 2.) Pola asuh demokratis orang tua yang memberikan bimbingan dan perhatian penuh serta memiliki hubungan komunikasi yang baik terhadap anak hal ini membuat anak lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar. 3). Pola asuh pemisif, orang tua cenderung mengikuti keinginan anak, memberikan kebebasan tanpa pengawasan yang kuat yang membuat anak juga kurang aktif dan mandiri pada kegiatan belajar.

Kata kunci: Psikologi, Pola Asuh, Pendidikan Anak

References

Adawiah, Rabiatul. (2017). “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak” (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan)”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 7, No. 1

Ahmad Susanto. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Al-Tridhonanto dan Beranda Agency. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta : PT Gramedia

Basrowi dan Suwandi, (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rincka Cipta BP, Abd. Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, Yumrian. (2022). “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Unsur Pendidikan” Al Urwatul Wutsqa: Volume 2, No. 1.

Djaramah, Syaiful Bahri. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, (2019). “Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Piri Jati Agung.” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan. diakses pada 30 Mei Http://repository.radenintan.ac.id/7052/1/SKRIPSI%FATIMAH.pdf

Fikriyyah, Hana Faiha, R Nunung Nurwati, Meilanny Budiarti Santoso, (2022). “Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah”, e ISSN: 2775 - 1929 p ISSN: 2775 –1910, Vol. 3 No.1

Madarina, Adhenda. (2022). “Ciri Pola Asuh Otoriter dan Dampaknya bagi Perkembangan Anak”, hellosehat, 1 Agustus 2022 diakses pada tanggal 28 Februari 2024 Http://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9 tahun/perkembangan-anak/pola-asuh-otoriter/

Nasution, Khoiruddin. (2008) Smart dan Sukses.Yogyakarta: Tazzafa dan Academik.

Ramadhan, Syahri. (2018). “Gambaran Subjective Well Being Pada Mualaf". Jurnal Psikologi An-Nafs. Vol. 12 No. 1 (2018).

Ramadhan, Syahri, dkk. (2022). Early Childhood Tahfizh Education: Optimization the Aspects of Children's Development and Religious Soul of Children in the Golden Age. Jurnnal Al-Islah, Vol. 14, No. 2, hal. 2031-2042.

Setiawan, Hasrian Rudi dan Danny Abrianto. (2021). Menjadi Pendidik Profesional. Medan: Umsu Press

Sun Life. (2017). “Bahaya Bentakan Pada Otak Anak”, Sun Life, 27 Oktober 2017, diakses pada tanggal 28 januari 2024 https://www.sunlife.co.id/life- moments/educating -my-child/bahaya bentakan-pada -otak-anak/

Sihab, Muhamad Quraish. (2011). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta : Lentera Hati

Taib, Bahran, Dewi Mufidatul Ummah, Yuliyanti Bun. (2022). “Analisis Pola

Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak”. Cahaya

Paud: Volume 3 Nomor 1

Yani, Indah Fitrah.(2014). “Ciri Pola Asuh Otoriter dan Dampaknya bagi Perkembangan Aanak”. hellosehat, 14 Juli 2022 diakses pada tanggal 28 Februari 2024 Http://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9 tahun/perkembangan-anak/pola - asuh-otoriter/

Zaelani, Abdul Qodir. (2014). “Pola Asuh Anak dalam Perspektif Yuridis dan Psikologi Pendidikan”, Jurnal Asas, Vol. 6 No. 2

Zizousari dan Yuna Chan. (2016). Working Mom is Super Mom, bagaimana Membagi Antara Keluarga dan Karier. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Ramadhan, S., & Afridawati Butar-Butar, L. . (2024). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak di Sekolah Dasar Negeri 012 Purnama Dumai Barat Kota Dumai. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 3(1), 8-28. https://doi.org/10.53398/ja.v3i1.498