Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai Moral Dan Agama Siswa Di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat

Authors

  • Siti Istiqomah Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Nur Septianita Yasin Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53398/arraihanah.v4i1.487

Keywords:

Implementation; Storytelling Method; Cultivating Moral and Religious Values;

Abstract

In modern times today many children still commit deviant acts, acts of violence, behave impolitely and commit actions prohibited in religion. This can happen due to lack of religious and moral cultivation from an early age. Therefore, the author wants to examine the implementation of the storytelling method in instilling students moral and religious values in Arridho Cengkareng Kindergarten, West Jakarta. The purpose of this study is to find out how the implementation of storytelling methods in instilling students' moral and religious values, especially in children aged 4-5 years at Arridho Cengkareng Kindergarten, West Jakarta. This study used a descriptive type qualitative research approach. Primary data sources and secondary data The results of research conducted at Arridho Kindergarten Cengkareng West Jakarta that the implementation of the storytelling method in Arridho Kindergarten has fulfilled three stages, namely 1) planning, 2) implementation, 3) evaluation, Supporting this method is habituation, awareness of participants

References

Abdurrahman, “Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Dan Moral,” Jurnal Penelitian Keislaman 14, No. 2 (2018):

Affa Azmi Rahman Nada, “Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan”, Yogyakarta: Uad Press, 2021

Aghia, Ummi , “Mengakrabkan Anak Pada Ibadah“, Jakarta: Almahira,2004

Ahmad Manshur, “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa,” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 4, No. 1 (2019)

Ahmad Susanto, “Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori)”, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2021

Aisyah Durrotun Nafisah, Et Al., Eds., “Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 5 (2022):

Ajat Rukajat, “Pendekatan Penelitian Kualitatif”, Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2018

Akhmad Basuni, Aat Royhatudin, Et Al., Eds., “Psikopedagogik Islam Dimensi Baru Teori Pendidikan”, Yogyakarta: Deeppublish, 2021

Amin, Sutrisno, “Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini,” Jurnal Umj (2021)

Amin, Saifuddin, “Pendidikan Akhlak Berbasis Hadist Arba’in An Nawawiyah”, Indramayu: Adanu Abimata, 2021

Amirudin, “Metode-Metode Mengajar Perpektif Al-Qur’an Hadist Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pai”, Yogyakarta: Deepublish: 2023

Andi Agusniatih, Jane M Monape, “Keterampilan Sosial Anak Usia Dini”, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2019

Andri Kurniawan, “Pendidikan Anak Usia Dini”, Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2022

Anwar Zain, “Strategi Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini”, Cirebon: Insania: 2021

Apriani, “Penerapan Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Islami Anak Di Dusun Rumbia Desa Lunjen Kec. Buntu Batu Kab. Enrekang,” Uin Alauddin Makassar (2021).

Ari Kartiko And Edy Kurniwan, “Metode Bercerita Dengan Teknik Role Playing Untuk Menumbuhkan Akhlak Mulia,” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 2 (2018):

Arundina, Vanila ,“Perenting Penting”, Lampung: Guepedia, 2021

Asmidar Parapat, “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktiksi Paud”, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020

Budi Susilo, “Deteksi Kejujuran Dan Kebohongan Dari Ekspresi Wajah”, Jakarta: Laksana 2020

Dadan Suryana, “Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak”, Jakarta: Kencana, 2016

Delva Sari, “Penanaman Nilai-Nilai Aqidah Anak Melalui Metode Bercerita Islami Di Tk Warrahmah Bakau Hulu Labuhanhaji Aceh Selatan”, (Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2019)

Dina Khairiyah, “Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini,” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 7, No. 2 (2020):

Dini Damayanti, “Jago Mendesain Pembelajaran (Untuk Guru Sekolah Dasar)”, Tangerang: Guepedia, 2021

Dwi Marsela Ramadona And Supriatna Mamat, “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor,” Journal Of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3, No. 2 (2019): H. 66, Http://Journal.Umtas.Ac.Id/Index.Php/Innovative_Counseling.

Eka Suryati, “Implementasi Metode Bercerita Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sdn 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat” (Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Metro, 2017)

Eko Murdiyanto, “Metode Penelitian Kualitatif”, Yogyakarta: Lp2m, 2020

Elfan Fanhas, “Indonesian Perenting”, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020

Eliyyil Akbar, “Metode Belajar Anak Usia Dini”, Jakarta: Februari, 2020

Erma Wati And Muhammad Solihin, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Santun Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di Raudhatul Athfal Nurul Islam Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo,” Alayya : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, No. 1 (2022):

Ernawati Harahap, “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam”, Pekalongan: Nem, 2022

Etya Murni And Dewi Ariyani, “Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Perspektif Peran Orang Tua,” Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, No. 2 (2022):

Habibu Rahman, Rita Kencana, Et Al., Eds., “Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini”, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020

Hardani, “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”, Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta: 2020

Helaluddin Dan Hengku Wijaya, “Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik”, Banten: Sekolah Tinggu Theologia Jaffray, 2019

Heru Kurniawan, Kasmiati, Et Al., Eds., “Penalaran Moral Cerita Anak Usia Dini”, Bandung, Pt.Remaja Rosda, 2021

Hikmah, Siti, “Mengenalkan Dakwah Pada Anak Usia Dini,” 2014 34, No. 1 (2ad):

Ikhlasiah Dalimoenthe, “Sosiologi Gender”, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2020

Intan Puspitasari Dan Miftah Khilmi Hidayatulloh, “Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel Dalam Surat Al-Fiil,” Wacana 12, No. 1 (2020):

Imam Jalaluddin Al-Mahalli Dan Mam Jalaluddin As-Suyuthi, “Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Ayat Surat Al-Fatihah S.D. Al-Isra”, (T.Tp: Sinar Baru Algensindo, T.T)

Kaharuddin, “Mencetak Generasi Anak Shaleh Dalam Hadits”, Yogyakarta: Deepublish, 2018

Kalalu, Ryke, Rieneke, “Buku Ajar Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan”, Pekalongan: Nem, 2022

Katoningsih, Sri ,“Keterampilan Bercerita”, Surakarta: Maret 2021

Kementerian Pendidikan Nasional, “Permendikbud No 146 Tahun 2014,” ببب 8, No. 33 (2014): 37, Http://Paud.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.Pdf.

Kubra, Masna, “Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Letta Kabupaten Bantaeng”, (Articel, Pendidikan Anak Usia Dini, Unversitas Negeri Makassar, 2019), Hal. 1 Http://Eprints.Unm.Ac.Id/13288/1/Artikel%20masna%20kubra.Pdf

Kubra, Zahra, Hilda, “Permainan Tradisional Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini”, Jakarta: Edu Publisher: 2023

Latifah Nurul Safitri Dan Hafidh ‘Aziz, “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak,” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, No. 1 (2019):

Mahrusillah, Muhammad, “Fiqh Neurostorytelling Tradisi Lisan Pengajaran Fath Al-Mu’in Di Banten”, Tangerang: A-Empat, 2022

Marzuki, “Pendidikan Karekter Islam”, Jakarta: Amzah, 2022

Muharto Dan Arisandy, “Sistem Informasi Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Dan Penelitian”, Yogyakarta: Deepublish, 2016

Muhammad Guntur, Dan Rizki Nugerahani Lise, Pengembangan Bahasa Pada Anaka Usia Dini, Yogyakarta, Selat Media Patners, 2022

Nurbaeti, Annisa Mayasari, Et Al., Eds., “Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” Jurnal Tahsinia 3, No. 2 (2022):

Pahleviannur, Rizal, Muhammad, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, T.T.P: Pradina Pustaka, 2022

Pratiwi, Widiya ,“Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Paud Sakura Way Halim Bandar Lampung”, (Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: 2018)

Rahmawati, Riyas , “Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains Anak Usia Dini Menurut Naeyc ( National Association For The Education Of Young Children )” 01, No. 02 (2020):

Rika Dan Munisa Widya, “Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun,” Jurnal Abdi Ilmu 12, No. 2 (2019): H.60, Http://Jurnal.Pancabudi.Ac.Id/Index.Php/Abdiilmu/Article/View/715.

Robby Adam Sudrajad, Agus Purnomo, Et Al., Eds., “Meningkatkan Kepedulian Sosial Anak Melalui Pendampingan Komunitas Kepemudaan ‘ Dulur Never End ’. Increasing Children ’ S Social Care Through The Community Assistance Of ‘ Dulur Never End ’ Youth .,” Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 1, No. 2 (2021):

Robingatin Dan Zakiyah, “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisi Kemampuan Bercerita Anak)”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2020

Rukin, “Metodologi Penelitian Kualitatif “, Surabaya, Jakad Media Publishing,

Rukiyah, “Dongeng, Bercerita, Dan Manfaatnya,” Anuva 2, No. 1 (2018):

Salim Dan Haidir, “Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, Dam Jenis”, Jakarta: Kencana, 2019

Saputra Aidil, “Aidil Saputra: Pendidikan Anak Pada Usia Dini |,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, No. 2 (2018): H.193, Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/228822655.Pdf.

Saryanti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidilan Agama Jurnal Pendidikan Empirisme, (Edisi 32, Vol.7 . Juni 2020), H. 62

Sigit Purnama, Rina Roudhotul Jannah, Et Al., Eds., “Desain Interior Dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: Pustaka Egaliter, 2020

Suhatyat, Yayat ,“Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam”, Jawa Temgah: Lakeisha, 2019

Sujiono Nurani Yuliani, “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini”, Jakarta: Indeks, 2013

Sukma, Nur, “Penerapan Metode Bercerita Dalam Penanaman Akhlak Mulia Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makasar”, (Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makasar, 2020), Https://Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id/Upload/11734-Full_Text.Pdf

Syarif Hidayatullah, Stella Alvianna, Et Al., Eds., “Metodologi Penelitian Pariwisata”, Jawa Timur, Uwais Inspirasi Indonesia , 2019

Tabelessy, Novita, “Metode Bercerita Untuk Siswa Sd,” Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni 1, No. 1 (2021): H. 40.

Uswatun Khasanah, Moh. Atwi Suparman, Et Al., Eds., “Model Pembelajaran Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book Konsep Dan Aplikasinya”, Jakarta: Kencana, 2022

Yuli Kuniawati, Falakhul Auliya, Et Al., Eds., “Kecerdasan Moral Anak Usia Dini”, Pekalongan: Nem, T.T

Zulkifli, Zulkarnaini, Et Al., Eds., “Pengembangan Moral Dan Agama”, Sumatera Barat: Pt Global Eksekutif Teknologi, 2022

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Istiqomah, S. ., & Yasin, N. S. . (2024). Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai Moral Dan Agama Siswa Di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 8-28. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v4i1.487