PENERAPAN METODE IMLA’ DENGAN BANTUAN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA SISWA KELAS 3 MI DARUL ULUM PEKANBARU

Authors

  • Zaitun Abidin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Hesty Dwinabila Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Parlindungan Simbolon Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Syahri Ramadhan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia

Keywords:

Metode Imla', huruf hijaiyah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Hal tersebut dapat dilihat dari tes awal siswa sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. Pada penelitian ini terdiri atas dua siklus. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yanag mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes dan lembar pedoman observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan metode imla’ dengan bantuan kartu huruf hijaiyah uantuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiayah pada siswa kelas III MI Darul Ulum Pekanbaru. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah yang signitif yaitu pada siklus I pertemuan pertama dengan persentase 52,94% dan siklus I pertemuan kedua dengan persentase 64,70%. Dan pada siklus II pertemuan pertama dengan persentase 70,58% dan pada siklus II pertemuan kedua dengan persentase 82,35% dan mencapai tingkat ketuntasan yang diharapkan.

References

Amelia, D. (2023). Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah Pada Kelas Rendah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pemurus Dalam Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya:Al-Hidayah.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:PT.Remaja Rosda Karya.

R, I., & Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kencana.

Sriyono, dkk. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta:Rineka Cipta.

Sukidin. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya:Ihsan Cendekia.

Sumardjan, Ibda, H., & Wijayanti, D. M. (2017). Media Kartu Sekolah Dasar. Semarang:Formaci.

Tarigan, H. G. (1986). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Trisniwati. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Abidin, Z. ., Dwinabila, H. ., Simbolon, P. ., & Ramadhan, S. (2024). PENERAPAN METODE IMLA’ DENGAN BANTUAN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA SISWA KELAS 3 MI DARUL ULUM PEKANBARU. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1-8. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/518