Efektivitas Metode Bercerita (Storytelling) dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kebangsaan

Authors

  • Muci Herliyanto Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna, Indonesia

Keywords:

Character Education, Civic Education, National Character, Storytelling Method, Elementary School

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the storytelling method in Civic Education (PKn) learning to instill national character in elementary school students. The research uses a library research method with the object of study being theories and findings from academic journals related to storytelling in character education, and the subjects are elementary school students. Data were collected through documentation studies of scientific articles, books, and research reports from the last five years. The data were analyzed using qualitative content analysis techniques. The results show that storytelling is effective in instilling national values such as patriotism, tolerance, and unity in Civic Education learning. Students' emotional engagement, teacher creativity in delivering stories, and the relevance of stories to local contexts are supporting factors of this method’s effectiveness. It is concluded that storytelling is a relevant and engaging pedagogical approach for shaping students' national character in elementary schools

References

Aini, S., Havita, V. N., & Sa'diyah, H. (2023). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai budaya di sekolah melalui cerita narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia: Literature review. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/4081

Amir, M., & Yuniarti, D. (2022). Pengembangan model storytelling berbasis nilai karakter pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–56. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.56473

Fauziah, D., & Wulandari, F. (2021). Penerapan metode storytelling dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 123–134. https://doi.org/10.30651/jpdn.v6i2.7004

Hartati, S., & Rachmadi, R. (2022). Storytelling dalam pembelajaran PKn: Menumbuhkan nasionalisme pada siswa SD. Jurnal Civic Education, 5(1), 88–97. https://doi.org/10.21009/jce.051.07

Hartini, H., Karsadi, K., & Darnawati, D. (2023). Penanaman nilai karakter pada anak sekolah dasar dengan pendekatan storytelling melalui media komunikasi visual. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2). https://journal.uho.ac.id/index.php/jwkp-ips/article/view/1273

Isnaeni, N. (2023). Penguatan karakter kebangsaan siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i1.3987

Khanifah, K. (2020). Peran storytelling dalam pendidikan karakter kebangsaan di daerah 3T. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.31227/osf.io/p7wqf

Khanifah, S. (2020). Storytelling sebagai media pendidikan karakter kebangsaan di daerah 3T. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/30946

Kurniasih, R., & Mulyani, E. (2022). Strategi pembelajaran nilai-nilai Pancasila melalui media cerita inspiratif. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 115–124. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.52379

Ngongo, K. P., & Kerans, G. (2023). Pengembangan pendidikan anti-korupsi sebagai pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui lesson study dengan metode storytelling. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 102–114. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5522

Ngongo, Y. R., & Kerans, Y. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan anti-korupsi berbasis storytelling bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 11(2), 135–148. https://doi.org/10.23887/jpku.v11i2.63594

Ngongo, Y. R., & Kerans, Y. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan anti-korupsi berbasis storytelling bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 11(2), 135–148. https://doi.org/10.23887/jpku.v11i2.63594

Ngongo, Y. R., & Kerans, Y. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan anti-korupsi berbasis storytelling bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 11(2), 135–148. https://doi.org/10.23887/jpku.v11i2.63594

Ningsih, F. R., & Hakim, A. R. (2021). Internalisasi nilai-nilai kebangsaan dalam pendidikan dasar: Urgensi dan strategi pelaksanaan. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.45690

Nugraha, E. S., & Safitri, R. (2020). Storytelling sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.2164

Putra, A. S., & Hidayat, D. (2021). Implementasi metode bercerita dalam pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 733–742. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.43771

Putri, F. (2024). Efektivitas penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran akhlak pada mata pelajaran PAI di SDN 014674 Sumber Harapan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 253–260. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/843

Rahmawati, I., & Syamsudin, R. (2022). Tantangan pembelajaran nilai kebangsaan di era digital bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 220–234. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.57924

Ramadhani, Y. S., Kurniawan, I., & Putri, R. A. (2020). Implementasi pembelajaran PKn berbasis nilai karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 33–42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8383

Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi nilai pendidikan karakter pada siswa kelas 2 SD berbasis digital storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 413–420. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i3.4468

Rosadi, I., Suryana, D., & Astuti, A. (2023). Pengembangan digital storytelling untuk penanaman nilai karakter siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 55–68. https://doi.org/10.31004/jipd.v8i1.914

Rosadi, I., Suryana, D., & Astuti, A. (2023). Pengembangan digital storytelling untuk penanaman nilai karakter siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 55–68. https://doi.org/10.31004/jipd.v8i1.914

Rusiyono, R., & Apriani, A. N. (2020). Pengaruh metode storytelling terhadap penanaman karakter nasionalisme pada siswa SD. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 11–19. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1345/0

Saputra, H., & Nuryanti, T. (2021). Pendidikan karakter kebangsaan di sekolah dasar: Pendekatan humanistik dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.3957

Sari, D. M., Kurniawan, A., & Wulandari, I. (2022). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk solidaritas siswa sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 180–193. https://doi.org/10.21831/civics.v19i2.57541

Sari, N. P., & Nugroho, D. (2021). Menanamkan nilai kebangsaan melalui pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 123–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/z7xbg

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, L., & Fitriani, R. (2023). Strategi menanamkan nilai kebangsaan melalui pendekatan kontekstual dan storytelling pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 55–66. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.67543

Syafira, W. (2023). Pengembangan media digital storytelling dalam mata pelajaran PKN kelas 5 di SDN Pasirpari: Penelitian D&D pada media pembelajaran digital storytelling PKN kelas 5. UPI Repository. https://repository.upi.edu/89735/

Syahrial, S., & Fadillah, R. (2022). Studi Pustaka (Library Research): Metode Alternatif dalam Kajian Ilmiah. Jurnal Ilmiah EduResearch, 11(1), 42–50. https://doi.org/10.31227/osf.io/jfvg6

Utami, N. M., & Fadillah, M. (2022). Urgensi pendidikan karakter nasionalisme di jenjang sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 215–225. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i3.45679

Wahyuni, A., Susanto, H., & Iskandar, S. (2023). Efektivitas storytelling dalam menanamkan nilai kebangsaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia, 8(1), 101–112. https://doi.org/10.23887/jpki.v8i1.64273

Wahyuni, R., & Ramdhani, M. A. (2023). Pengaruh metode bercerita dalam menanamkan nilai karakter siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 45–58. https://doi.org/10.32698/edu.v7i1.69321

Yulianti, T., & Nurhidayati, E. (2021). Dampak globalisasi terhadap karakter kebangsaan siswa sekolah dasar: Studi kasus di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(3), 301–310. https://doi.org/10.21831/jpkn.v11i3.50590

Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini kelompok usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/63385

Zed, M. (2021). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Herliyanto, M. . (2025). Efektivitas Metode Bercerita (Storytelling) dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kebangsaan. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 37-45. Retrieved from https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/605